SBY Akan Resmikan Terminal Baru Bandara Sepinggan

SBY Akan Resmikan Terminal Baru Bandara Sepinggan
SBY Akan Resmikan Terminal Baru Bandara Sepinggan

jpnn.com - BALIKPAPAN -- Pembangunan Terminal Baru Bandara Sepinggan Balikpapan memasuki tahap akhir. Saat ini pembangunan fisik terminal baru tersebut sudah mencapai 88 persen dan akan rampung pembangunannya pada 15 Januari 2014.

"Secara fisik 88 persen sudah rampung. Yang belum selesai lebih ke sistem," kata Taochid Purnomo Hadi, Head of Sepinggan Airport International Balikpapan Project di Bandara Sepinggan, Kamis (5/12).

Hanya saja terminal baru tersebut tak bisa langung dioperasikan karena masih harus melalui tahap verifikasi selama sebulan. Kemungkinan, terminal baru itu baru bisa beroperasi pada 15 Februari 2014.

"15 Januari 2014 bisa rampung. Namun masih ada waktu sebulan untuk verifikasi. Dalam masa ini kita melakukan trial juga," ujar Taochid.

Terminal baru Bandara Sepinggan memiliki luas 110 ribu meter persegi. Bila rampung, terminal Bandara Sepinggan akan menjadi yang ketiga terbesar di Indonesia, setelah Soekarno-Hatta Jakarta dan Ngurah Rai Bali.

Dengan luasan tersebut, Bandara Sepinggan juga bisa menampung penumpang lebih banyak. Yakni dari 1,7 juta penumpang per tahun menjadi 10 juta penumpang per tahun.

"Kami harapkan bapak Presiden bisa meresmikannya. Dan Beliau sudah menjanjikan itu," terangnya.

Taochid juga optimis tidak akan ada kendala dalam hal listrik. Itu karena Perusahaan Listrik Negara (PLN) sudah menyiapkan 10.300 KVA. Selain itu pihak Angkasa Pura juga menyiapkan back up 5 x 2.000 KVA.

BALIKPAPAN -- Pembangunan Terminal Baru Bandara Sepinggan Balikpapan memasuki tahap akhir. Saat ini pembangunan fisik terminal baru tersebut sudah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News