SBY Bakal Kesulitan Kendalikan PD

Kelompok Anas Diduga Melawan Diam-Diam

SBY Bakal Kesulitan Kendalikan PD
SBY Bakal Kesulitan Kendalikan PD
JAKARTA - Keputusan politik Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) selaku Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat (PD) yang mengambil alih kendali DPP PD dari Anas Urbaningrum, diyakini tak akan efektif. Sebab kader-kader PD yang masuk kelompok Anas, dipastikan akan melakukan perlawanan.

Pengamat politik dari Universitas Indonesia, Iberamsjah, mengatakan, saat ini para Ketua DPD PD memang hanya bisa diam dan tunduk dengan keputusan SBY, temasuk untuk meneken Pakta Integritas. Namun, katanya, hal itu bukan berarti para ketua DPD PD takluk sepenuhnya dengan keputusan SBY.

"Memang itu bagian dari skenario politik yang justru untuk mengamankan Anas. Karena di luar itu, arus bawah tetap melakukan perlawanan," kata Iberamsjah saat dihubungi, Selasa (12/2).

Dituturkannya, pola seperti itu bukan hal baru di internal PD. Iberamsjah mencontohan kekalahan Andi Alifian Mallarangeng yang didukung SBY pada pemilihan Ketua Umum PD dalam kongres di Bandung, 2010 lalu. Saat itu, arus bawah PD seolah-olah kompak mendukung Andi.

JAKARTA - Keputusan politik Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) selaku Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat (PD) yang mengambil alih kendali DPP PD dari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News