Senin, 11 Desember 2017 – 14:50 WIB

SBY Beri Waktu Dua Pekan Bagi Ridho Cari Pendampingnya

Kamis, 12 Oktober 2017 – 18:45 WIB
SBY Beri Waktu Dua Pekan Bagi Ridho Cari Pendampingnya - JPNN.COM

Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com, LAMPUNG - Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang Yudhoyono memberikan waktu selama dua pekan bagi Ridho menentukan pendampingnya.

Beberapa waktu lalu, Sekretaris DPD PD Lampung Fajrun Najah Ahmad mengatakan, setidaknya ada tiga nama kuat yang masuk bursa cawagub Ridho.

Mereka adalah Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri, Bupati Lampung Tengah Mustafa, dan Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim. Namun, dua nama terakhir bakal kandas untuk menjadi pendamping Ridho. Tinggal Bachtiar yang berpeluang kembali melanjutkan duet dengan Ridho untuk periode kedua.

Ini karena Mustafa dikabarkan sudah mendapatkan perahu cukup untuk maju sebagai cagub dari tiga parpol. Sedangkan Nunik –sapaan Chusnunia– bakal terhalang karena partainya, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), sudah resmi mengusung Arinal. Nunik kini masuk bursa cawagub pendamping Arinal.

Sekretaris Centre of Election and Political Party (CEPP) FISIP Universitas Lampung Darmawan Purba mengatakan, ada tiga indikator dalam memilih cawagub. Pertama, seberapa besar kontribusi bagi formalitas (syarat pencalonan). Artinya, cawagub menyumbang dukungan politik sebagai syarat pencalonan.

Kedua, seberapa besar kontribusi bagi elektabilitas. Ketiga, seberapa besar kontribusi pembiayaan kampanye. Nah siapa kandidat yang pas bagi incumbent? Menurut Darma -sapaan akrabnya- ini yang masih misteri. Bisa jadi salah satu kader Partai Gerindra sebagai partai yang kemungkinan menyokong Ridho.

”Atau tetap Pak Bachtiar dengan pertimbagan faktor elektabilitas atau ketokohannya. Aspek ketokohannya saya pikir masih ada,” ucapnya.

Sementara, Wakil Direktur Eksekutif DPD PD Lampung Toni Mahasan menyerahkan sepenuhnya kepada Ridho soal cawagub. ”Wewenang sepenuhnya di tangan ketua (Ketua DPD PD Lampung M Ridho Ficardo, Red),” kata Toni yang enggan menyebut siapa saja yang masuk bursa terkini.

SHARES
loading...
loading...
Komentar