SBY Dinilai Tak Punya Komitmen Berantas Korupsi

SBY Dinilai Tak Punya Komitmen Berantas Korupsi
SBY Dinilai Tak Punya Komitmen Berantas Korupsi
JAKARTA - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) La Ode Ida menilai, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak punya komitmen memberantas korupsi. Menurutnya, apa yang disampaikan SBY di hadapan publik, hanya sebatas pernyataan politik yang pada pelaksanaanya tidak dibuktikan.

"Apa yang dikatakan 'berdiri di garis depan memberantas korupsi' hanya pernyataan-pernyataan politik. Tapi prakteknya, lihat saja," kata La Ode Ida, di sela-sela diskusi di Gedung DPD, Senayan, Jakarta, Rabu (2/6).

Dalam seleksi calon KPK misalnya, kata pimpinan DPD asal Sulawesi Tenggara (Sultra) itu, Presiden seharusnya mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) yang memastikan bahwa calon pimpinan KPK masa jabatannya satu atau empat tahun, bebas dari kepentingan politik, serta proses pemilihannya netral. (Sementara) dengan undang-undang yang mengharuskan calon pimpinan KPK harus ditentukan DPR, kata La Ode Ida pula, akan menghasilkan calon yang tidak bebas dari kepentingan karena dipilih orang-orang politik.

"Undang-undang kan mengharuskan dipilih DPR. (Padahal) seharusnya itu, dipilih oleh orang-orang profesional yang memiliki integritas tinggi, komitmen dan independen, sehingga menghasilkan orang-orang profesional juga," tukasnya.

JAKARTA - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) La Ode Ida menilai, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak punya komitmen memberantas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News