SBY Disinyalir Sengaja Ganjal Marzuki

Empat Nama Calon Peserta Konvensi Dianggap Minim Prestasi

SBY Disinyalir Sengaja Ganjal Marzuki
SBY Disinyalir Sengaja Ganjal Marzuki
JAKARTA - Pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Siti Zuhro menyatakan bahwa sistem konvensi calon presiden  Partai Demokrat (PD) tetap masih kurang jelas. Sebab, belum ada kejelasan apakah konvensi itu bebas diikuti calon dari luar PD atau hanya kader internal saja.

Pendapat Siti itu didasari inkonsistensi sikap Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) selama ini sebagai figur sentral di PD.  ”Sebetulnya konvensi adalah untuk menjaring calon-calon internal, siapa di antara kader PD yang bagus. Itu bisa dilihat dari konvensi Partai Demokrat Amerika Serikat, ketika Obama bertarung dengan Hillary Rodham Clinton yang dimenangkan oleh Obama,” kata Siti di Jakarta, Rabu (17/7).

Tapi, lanjutnya, konvensi capres ala PD  justru seolah hanya bisa diikuti oleh peserta yang mendapat izin SBY. Sebab, lazimnya konvensi justru menjaring suara dari bawah.

"Lah kalau  sudah disebut SBY seperti ini kan jadi kacau dan publik menilai ini tidak serius. Apalagi disebut empat orang (Pramono Edhie Wibowo, Gita Wirjawan, Irman Gusman, dan Dino Patti Djalal, red) yang kapasitasnya setara saja, Tidak ada yang menonjol. Apa yang diharapkan dengan empat nama itu, mau mendongkrak apa?” ujarnya heran.

JAKARTA - Pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Siti Zuhro menyatakan bahwa sistem konvensi calon presiden  Partai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News