SBY Gagal Manfatkan Kunjungan Obama

SBY Gagal Manfatkan Kunjungan Obama
SBY Gagal Manfatkan Kunjungan Obama
DEPOK - Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono dinilai gagal memanfaatkan moment kunjungan Presiden AS, Barack Obama. Kesepakan  bilateral yang tertuang dalam komprehensif partnership dinilai tak memenuhi harapan. Dosen Fisip UI, Boni Hargens menegaskan pertemuan bilateral itu tak  banyak menguntungkan Indonesia.

Apalagi pokok persoalan Indonesia saat  ini mulai berkembang. Dari persoalan militer, politik dan bencana  alam. "Seharusnya SBY juga membawa isu itu dalam pertemuan. Tidak sebatas pada persoalan pendidikan, investasi dan budaya," ujar Boni, Rabu (10/11).

Menurutnya tiga persoalan itu sangatlah penting bagi Indoensia. Kondisi peralatan militer seharusnya menjadi perhatian serius. Karena  memang kepentingan militer sudah tak bisa diabaikan lagi. Apalagi, sambung dia secara geografis dan geopolitik kebutuhan militer semakin tinggi. Sebagai upaya menjaga kedaulatan negeri. "Kan kalau itu dimasukan dalam pembicaraan, saya yakin lebih bermakna kunjungan tersebut," paparnya.

Boni berpendapat kunjungan Obama ke Indonesia tak lebih sebagai kegiatan reuni saja. Tidak memberikan manfaat bagi kepentingan Indonesia. Itu disebabkan kemampuan SBY memanfaatkan kunjungan tersebut tidak optimal. "Persoalan bencana alam ada didepan mata. Tapi tidak dibawa sebagai

persoalan yang juga penting. Saya sangat sesalkan sikap presiden ini," ujarnya.

DEPOK - Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono dinilai gagal memanfaatkan moment kunjungan Presiden AS, Barack Obama. Kesepakan  bilateral yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News