SBY Ketum Lagi, Demokrat Gagal Bangun Kaderisasi

SBY Ketum Lagi, Demokrat Gagal Bangun Kaderisasi
SBY Ketum Lagi, Demokrat Gagal Bangun Kaderisasi

jpnn.com - JAKARTA - Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) dipastikan kembali menjadi ketua umum Partai Demokrat dalam kongres di Surabaya. Terpilihnya SBY secara aklamasi langsung mengundang reaksi negatif.

 

Pengamat komunikasi politik Heri Budianto menilai, tidak adanya figur lain yang bisa dipilih dalam kongres membuktikan partai berlambang bintang mercy itu gagal dalam melakukan kaderisasi.

Direktur Eksekutif Political Communication (PolcoMM) itu mengatakan, PD sama mengecewakannya dengan partai politik lain yang tidak menawarkan hal baru soal kepemimpinan. PD bahkan cenderung berfikir jangka pendek untuk menyelamatkan partai dari konflik.

"Partai harus mulai berpikir jangka panjang. Dan ini (SBY kembali jadi ketum) adalah juga kegagalan PD menjaring kader-kader muda untuk memimpin dan masih tergantung kepada figur figur senior. Figur sentral di partai," kata Heri di gedung DPR Jakarta, Selasa (12/5).

Karena itu, pemilihan ketum PD dalam kongres saat ini akan menjadi tantangan di Pemilu 2019. Sebab, selera sekitar 40 juta pemilih muda di Pilpres mendatang bukan lagi politisi senior.

"Hari ini PD telah melakukan langkah berpikir jangka pendek untuk menyelamatkan soliditas partai ketimbang berfikir jangka panjang untuk melahirkan kader potensial yang sesuai selera pemilih," tegas Heri. (fat/jpnn)

 

JAKARTA - Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) dipastikan kembali menjadi ketua umum Partai Demokrat dalam kongres di Surabaya. Terpilihnya SBY secara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News