SBY Tolak Kepala Daerah Dipilih DPRD

SBY Tolak Kepala Daerah Dipilih DPRD
SBY Tolak Kepala Daerah Dipilih DPRD

jpnn.com - JAKARTA--Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono mengaku banyak menerima usulan dari berbagai pihak terkait sistem pemilihan kepala daerah. Salah satunya usulan agar kepala daerah dipilih oleh DPRD.

Hal itu karena pemilihan langsung oleh rakyat dianggap sarat akan politik uang. Namun, secara pribadi presiden mengaku tidak sepenuhnya setuju dengan sistem itu.

"Sistem pemilu dan pemiihan kepala daerah banyak sekali usulan, sudahlah pak tak usah pemilihan langsung, itu money politic macam-macam sudahlah, kita pilih tidak langsung saja. Pertanyaannya, kalau dipilih oleh DPRD apakah juga bisa kita cegah money politic?" ujar presiden dalam sambutannya di Forum Kebangsaan di Jakarta Selatan, Rabu, (11/12).

Presiden menyatakan akan lebih baik jika masyarakat diberikan kewenangan untuk memilih kepala daerah yang dianggap layak.

Namun, masyarakat harus memilih kepala daerahnya tanpa tekanan. Menurut Presiden pemilihan langsung menunjukkan demokrasi yang seutuhnya.

"Mari kita lihat secara utuh bagaimana pun kita yang menentukan, kita memilih, bangsa ini bangsa kita sendiri. Negara ini negara kita sendiri. Kalau kita rasa ini kurang bagus, yang bagus ini, mari kita pilih yang itu. Yang penting rakyat bisa memilih pemimpinnya dengan benar," tandas Presiden. (flo/jpnn)

 

JAKARTA--Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono mengaku banyak menerima usulan dari berbagai pihak terkait sistem pemilihan kepala daerah. Salah satunya


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News