Komnas Perempuan Perkarakan Anggota Komisi I ke BK DPR

Komnas Perempuan Perkarakan Anggota Komisi I ke BK DPR
Komnas Perempuan Perkarakan Anggota Komisi I ke BK DPR

jpnn.com - JAKARTA - Komisi Nasional (Komnas) Perempuan melaporkan sejumlah anggota Komisi I DPR RI ke Badan Kehormatan (BK) DPR karena dianggap melakukan pelecehan terhadap Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), Agatha Lily. Peristiwa itu terjadi saat Komisi I menggelar fit and proper test calon komisioner KPI pada Juli 2013.

"Komnas Perempuan merespon, menindaklanjuti laporan publik atas fit and proper test yang merendahkan perempuan," kata Komisioner Komnas Perempuan, Yuniyanti Chuzaifah saat dihubungi wartawan di Jakarta, Rabu (11/12).

Yuniyanti mengecam tindakan Komisi I yang dinilai melecehkan Agatha. Menurutnya, hal tersebut bisa berujung pada peminggiran perempuan terkait akses politik dan posisi-posisi strategis.

Yuniyanti belum mau bicara banyak soal laporan pelecehan tersebut. Kabar yang merebak di kalangan wartawan menyebut, ada empat anggota dewan yang dilaporkan termasuk pimpinan Komisi I DPR. Namun, belum diketahui secara jelas siapa saja nama para terlapor.

Anggota BK DPR Ali Maschan Moesa mengakui adanya laporan dari Komnas Perempuan. Ia mengungkapkan, laporan itu terkait pertanyaan anggota DPR yang dianggap melecehkan perempuan dalam uji kepatutan dan kelayakan.

"Ditanya ibu kok cantik, ada juga yang nanya hari ini ke spa berapa kali, begitu. Mungkin karena merasa dekat. Dan pertanyaan seperti itu memang terjadi," ungkapnya. (dil/jpnn)

 


JAKARTA - Komisi Nasional (Komnas) Perempuan melaporkan sejumlah anggota Komisi I DPR RI ke Badan Kehormatan (BK) DPR karena dianggap melakukan pelecehan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News