JPNN.com

SE MenPAN-RB: PNS Kerja di Rumah sampai 31 Maret

Senin, 16 Maret 2020 – 14:47 WIB
SE MenPAN-RB: PNS Kerja di Rumah sampai 31 Maret - JPNN.com
MenPAN-RB Tjahjo Kumolo mengumumkan PNS kerja di rumah. Foto: Humas KemenPAN-RB

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo secara resmi menerbitkan Surat Edaran Nomor 19 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara dalam Upaya Pencegahan Covid-19 di Lingkungan Instansi Pemerintah.

SE ini ditetapkan sebagai tindak lanjut atas instruksi Presiden Jokowi agar PNS bekerja di rumah untuk mencegah penularan Covid-19.

"Ini bukan libur. PNS tetap kerja di rumah hingga 31 Maret. Ketentuan ini akan ditinjau lagi sesuai perkembangan yang ada," ujar Tjahjo dalam virtual konferensi pers, Senin (16/3).

Dia menegaskan, pekerjaan PNS sebagai pelayan publik harus tetap diutamakan. Selama bekerja di rumah, PNS dilarang bepergian kecuali untuk keperluan mendesak seperti membeli kebutuhan pokok.

"Aturan PNS kerja di rumah tidak hanya di pusat, tetapi juga daerah. Tentunya masing-masing pejabat pembina kepegawaian (PPK) bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan kerja PNS agar tetap berjalan," tegasnya.

Dia pun meminta masing-masing PPK harus memastikan agar PNS tetap bekerja meski tidak masuk kantor. Mekanismenya PPK yang atur.

"Nantinya PPK bersama pejabat tertinggi di instansi yang akan memantau pekerjaan PNS. Mereka bisa menugaskan masing-masing pegawainya dan laporannya harus ada," tambah Deputi Kelembagaan dan Tata Laksana KemenPAN-RB Rini Widyantini. (esy/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
tomo