Sebagian Jemaah Tiba di Tanah Air

Sebagian Jemaah Tiba di Tanah Air
Sebagian Jemaah Tiba di Tanah Air
JEDDAH - Meski sempat tersendat di Bandara Internasional King Abdul Aziz (KAA) Jeddah, namun sebagian jemaah haji Indonesia berhasil dipulangkan ke tanah air. Sisa jemaah yang masih berada di tanah suci tinggal 50 persen dari total jemaah 221 ribu jemaah. Jumat hari ini saja, jumlah jemaah haji khusus yang meninggalkan KAA sebanyak 12.518 orang dari total jemaah 23 ribu orang.

Data sistem komputerisasi haji terpadu (Siskohat) Kemenag, menyebutkan 12 ribu lebih jemaah yang dipulangkan Jumat hari ini diberangkatkan oleh 70 penyelenggara ibadah haji khusus (PIHK) atau pemegang bendera.

Kepala PIHK Ahmad Basani mengatakan, pemulangan haji khusus selesai pada 6 Desember 2010. "Kita bersyukur karena pemulangan jemaah mulai lancar. Tidak seperti beberapa hari terakhir, pemulangan sedikit terkendala karena penerbangan mengalami delay panjang," kata dia.

Kelancaran pemulangan jemaah ini. lanjut Basani, karena kesadaran jemaah semakin baik. "Petugas langsung memantau pemulangan hingga para jemaah kita terbang. Selain itu, sistem pelaporan kepulangan jemaah kian membaik," bebernya.

JEDDAH - Meski sempat tersendat di Bandara Internasional King Abdul Aziz (KAA) Jeddah, namun sebagian jemaah haji Indonesia berhasil dipulangkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News