Sebanyak 963 Orang Terlantar di Kota Bekasi

Sebanyak 963 Orang Terlantar di Kota Bekasi
Razia pengemis.

jpnn.com, BEKASI - Dinas Sosial Kota Bekasi mencatat ada sebanyak 963 orang terlantar hingga pertengahan Agustus 2017.

Mayoritas orang terlantar itu sudah dipulangkan ke daerah asal, sementara beberapa di antaranya masih ditampung di panti sosial di wilayah Kota Bekasi.

“Mereka ditampung dulu sambil menunggu dipulangkan ke daerah asal,” ujar Sekretaris Dinas Sosial Kota Bekasi, Asep Saepudin, Rabu (23/8).

Asep mengatakan, mereka terlantar dipicu berbagai faktor, namun kebanyakan karena persoalan ekonomi. Mereka ingin mengadu nasib di Kota Bekasi, sayangnya selama beberapa pekan tidak kunjung mendapat pekerjaan.

Dampaknya, kata Asep, mereka tinggal berpindah-pindah tempat untuk bertahan hidup seperti di pasar, ruko, rumah ibadah dan sebagainya.

“Ongkos mereka dari kampung halaman telah habis, yah akhirnya mereka terlantar,” katanya.

Orang terlantar yang ada di Kota Bekasi berasal dari berbagai daerah seperti Sumatera, Kalimantan, Jawa dan sebagainya. Pemerintah Kota Bekasi lalu berkoordinasi dengan daerah asal yang bersangkutan untuk proses pemulangan.

“Kami antar ke terminal dan ongkosnya dikasih ke kondektur. Di sini kami berkoordinasi dengan daerah setempat agar menjemputnya di terminal,” jelas Asep. (kub/gob)


Dinas Sosial Kota Bekasi mencatat ada sebanyak 963 orang terlantar hingga pertengahan Agustus 2017.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News