Sebar Sejuta Ikan Demi Lingkungan Hidup

Sebar Sejuta Ikan Demi Lingkungan Hidup
Kegiatan mengenalkan anak-anak cara menjaga keseimbangan ekosistem. Foto: ist

jpnn.com - BANTEN— Jurnalis Joran Indonesia (Jojoners) bersama sebuah supermarket ternama di Indonesia mengajak anak-anak untuk membangun kebersamaan dan kepedulian terhadap lingkungan. Salah satunya dengan menyelenggarakan aksi sosial di SDN Pamarican 2 Serang, Banten.

Dipilihnya SDN Pamarican 2 oleh Jojoners dan sponsornya adalah untuk tindak lanjut dari gerakan awal yaitu pemberian perangkat komputer dan infocus guna menunjang perbaikan kualitas pendidikan di sekolah itu.

Bentuk kepedulian yang diajarkan pada anak-anak adalah dengan menjaga habitat laut dengan rangkaian kegiatan Sebar Sejuta Ikan. Ini sekaligus untuk menyambut Hari Lingkungan Hidup Internasional, 5 Juni mendatang.

“Kegiatan ini sangat efektif menjaga keberlangsungan habitat laut,” ujar Senior GM CSR & Corcom PT Hero Supermarket Tbk Natalia Lusnita.

 Tebar benih ikan menjadi simbol pelestarian alam dan membawa keterlibatan masyarakat secara serius. Terutama mengenalkan anak-anak cara menjaga ekosistem laut. Penebaran benih ikan dilakukan di Danau Tasikardi, Desa Margasana, Kecamatan Kramatwatu, Serang, Banten.

Penyebaran benih dimaksudkan sebagai upaya mitigasi penurunan populasi akibat padat tangkap atau tingkat pemanfaatan yang berlebihan. Karena kerap danau itu dijadikan lokasi pemancingan bagi warga sekitar juga para pendatang.

 Adapun benih ikan yang akan disebar adalah ikan mas, patin dan lele . Itu adalah spesies endemik di danau sehingga tidak akan memunculkan predator baru yang justru bisa membahayakan keseimbangan ekosistem. Selain itu, danau ini masih aktif sebagai danau untuk memancing, oleh wisatawan atau warga setempat.

Jojoners yang merupakan kumpulan jurnalis pecinta memancing juga akan mengadakan kegiatan sosial seperti edukasi pola hidup bersih dan sehat. Ini akan bekerja sama dengan para Korps Sukarela PMI. Tidak hanya itu saja pelatihan untuk pengenalan dasar-dasar jurnalistik bagi anak-anak akan dilatih oleh para instruktur yang merupakan anggota Jojoners. Kegiatan sosial, pendidikan, dan lingkungan ini akan ditutup dengan kegiatan mancing bersama di Perairan Selat Sunda

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News