Sebarkan Uang ke Daerah, BI Gandeng TNI AU

Sebarkan Uang ke Daerah, BI Gandeng TNI AU
Sebarkan Uang ke Daerah, BI Gandeng TNI AU

jpnn.com - JAKARTA -- Bank Indonesia (BI) akan bekerjasama dengan TNI Angkatan Udara (AU) untuk menyebarkan uang rupiah di seluruh wilayah Indonesia. Terutama di wilayah-wilayah yang terpencil.

Menurut Deputi Gubernur BI Bidang Sistem Pembayaran, Ronald Waas, saat ini masih ada beberapa daerah terpencil yang belum maksimal menggunakan rupiah untuk transaksi keuangan. Terutama di wilayah perbatasan.

"Sebelumnya kita kerjasama dengan angkatan laut. Sekarang kita mulai bicara dengan angkatan udara. Terutama untuk di Papua. Itu kan tengahnya tidak ada laut misalnya, jadi sulit terjangkau," ujar Ronald di sela-sela pencanangan Gerakan Ekonomi Syariah (GRES) di Monumen Nasional, Jakarta, Minggu (17/11).

Ronald mengatakan, selain dengan angkatan udara, BI juga akan bekerjasama dengan moda angkutan udara komersial di daerah-daerah terpencil untuk memastikan distribusi uang dapat merata.

Pembahasan mekanisme teknis kerjasama tersebut, kata dia, saat ini sudah dibahas di tingkat internal BI. Diharapkan dalam waktu dekat kerjasama ini dapat segera direalisasikan.

"Belum sampe MoU tapi sudah ada pembahasan internal, level teknisnya yang sudah kita bicarakan, " tandas Ronald. (flo/jpnn)


JAKARTA -- Bank Indonesia (BI) akan bekerjasama dengan TNI Angkatan Udara (AU) untuk menyebarkan uang rupiah di seluruh wilayah Indonesia. Terutama


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News