Sebegini Harga TBS Kelapa Sawit di Riau Dalam Sepekan ke Depan, Naik Lagi

Sebegini Harga TBS Kelapa Sawit di Riau Dalam Sepekan ke Depan, Naik Lagi
Harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit Provinsi Riau. Foto Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, RIAU - Harga Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit di Provinsi Riau dalam sepekan ke depan mengalami kenaikan menjadi Rp 2.489,35 per kilogram.

Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Disbun Provinsi Riau Defris Hatmaja mengatakan tim penetapan harga telah melaksanakan rapat penetapan pada Selasa (14/11).

Berdasarkan hasil penetapan harga TBS kelapa sawit minggu ke-22 tahun 2023 (periode 15 – 21 November 2023) telah menggunakan tabel rendemen harga baru hasil kajian dari PPKS Medan yang disepakati oleh tim.

Kenaikan harga tertinggi berada di kelompok umur 9 tahun sebesar Rp 66,74/Kg atau mencapai 2,75 persen dari harga minggu lalu.

“Sehingga harga pembelian TBS petani untuk periode satu minggu ke depan naik menjadi Rp 2.489,35/Kg dan berlaku untuk periode satu minggu ke depan,” jelas Defris kepada JPNN.com.

Pada periode itu indeks K yang dipakai adalah indeks K untuk satu bulan ke depan yaitu 91,66 persen, harga penjualan CPO minggu ini naik sebesar Rp 162,20/kg dari minggu lalu, dan harga penjualan kernel minggu ini naik sebesar Rp 709,06/kg dari minggu lalu.

“Ada beberapa PKS tidak melakukan penjualan, berdasarkan permentan nomor 01 tahun 2018 pasal 8 maka harga CPO dan kernel yang digunakan adalah harga rata-rata tim,” lanjutnya.

Harga TBS yang ditetapkan oleh tim untuk mitra swadaya mengalami kenaikan.

Harga Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit di Provinsi Riau dalam sepekan ke depan mengalami kenaikan menjadi Rp 2.489,35 per kilogram.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News