Sebegini Personel Gabungan Dikerahkan untuk Amankan Libur Panjang di Masa Pandemi

Sebegini Personel Gabungan Dikerahkan untuk Amankan Libur Panjang di Masa Pandemi
Kabagpenum Divhumas Polri Kombes Ahmad Ramadhan. Foto: dok Humas Polri

jpnn.com, JAKARTA - Kabagpenum Divhumas Polri Kombes Ahmad Ramadhan menerangkan bahwa TNI-Polri bersama unsur terkait mengerahkan sekitar 160.916 personel untuk mengamankan jalannya libur panjang akhir Oktober 2020.

"Untuk libur panjang akhir Oktober, ada 160.916 personel gabungan TNI-Polri dan unsur yang dilibatkan untuk pengamanan," kata Ahmad Ramadhan di Jakarta, Kamis (22/10).

Perwira menengah ini menuturkan, jumlah personel gabungan tersebut terdiri dari 94.170 personel Polri, 24.448 personel TNI dan 42.298 personel dari unsur terkait.

Diketahui, masyarakat bakal memanfaatkan libur panjang akhir Oktober 2020 ini untuk mudik atau liburan rekreasi.

Korlantas Polri pun menyiapkan rencana pengamanan kamseltibcarlantas (keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas) dan sebagai upaya memutus penyebaran Covid-19.

“Untuk pos pengamanan dan pos terpadu yang disiapkan ada sebanyak 645 pos dengan fokus pengamanan di tol, rest area, jalan arteri, lokasi wisata, jalur alternatif dan tempat penyeberangan ASDP,” beber Ahmad.

Salah satu fokus Polri pada pengamanan kali ini adalah penerapan protokol kesehatan secara ketat. Hal ini juga sebagaimana anjuran dari Satgas Covid-19 yakni liburan aman tanpa kerumunan.

“Kami tak henti-hentinya mengingatkan masyarakat untuk tetap menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan,” tambah Ahmad Ramadhan.

Ratusan ribu aparat gabungan TNI-Polri bersama dengan stakeholder terkait dikerahkan untuk mengamankan momen libur panjang akhir Oktober nanti.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News