Kamis, 18 Juli 2019 – 07:33 WIB

Sebegini Uang yang Mengalir dari Jakarta ke Daerah Selama Lebaran

Selasa, 11 Juni 2019 – 13:25 WIB
Sebegini Uang yang Mengalir dari Jakarta ke Daerah Selama Lebaran - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Umum Kadin DKI Jakarta Sarman Simanjorang memperkirakan Rp 9.5 triliun uang dari Jakarta mengalir ke daerah selama musim Lebaran 2019. Hal itu mengacu pada data Kementerian Perhubungan yang memperkirakan 7.346.430 jiwa mudik dari DKI Jakarta, dikali perkiraan masing-masing pemudik menghabiskan Rp 4 juta selama mudik.

"Uang tersebut mayoritas akan beredar di Jawa Tengah, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Timur, sebagian Sumatera (Lampung, Sumatera Barat, Sumatera Selatan) dan sisanya Kalimantan, Sulawesi serta Maluku," ujar Sarman di Jakarta, Selasa (11/7).

BACA JUGA: Kabar Gembira Bagi PNS Usai Lebaran

Menurut Ketua Umum DPD HIPPI DKI Jakarta ini, dana tersebut belum termasuk remitansi dari TKI yang bekerja di luar negeri, yang berjumlah hampir sembilan juta jiwa.

Sarman mengakui kesulitan membuat perhitungan gaji TKI karena masing masing negara berbeda. Tetapi jika mengacu perhitungan sangat sederhana, masing-masing TKI diperkirakan mengirim Rp 1 juta selama Idulfitri ke keluarga di kampung halaman. Maka daerah menerima perputaran tambahan sebesar Rp 9 triliun, walaupun kecenderungannya dana tersebut tidak akan dibelanjakan semua.

Menurut Sarman, besarnya uang yang berputar di daerah akan menggairahkan perekonomian di daerah.

"Belanja konsumsi masyarakat tentu saja akan mampu memberikan kontribusi dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi triwulan kedua yang diperkirakan mencapai 5,2 persen, naik dari triwulan pertama yang hanya 5,07 persen," ucapnya.

BACA JUGA: Setelah THR dan Tukin, PNS Juga Segera Terima Gaji Ke-13

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar