Sebelum Meninggal, BJ Habibie Kasih Tantangan Buat Wali Kota Parepare

Sebelum Meninggal, BJ Habibie Kasih Tantangan Buat Wali Kota Parepare
Wali Kota Parepare HM Taufan Pawe mengunjungi rumah tempat kelahiran BJ Habibie di Kota Parepare, Rabu (11/9). Foto: ANTARA FOTO/Zulkifli

jpnn.com, PAREPARE - Wali Kota Parepare Sulawesi Selatan HM Taufan Pawe bakal menyulap rumah tempat kelahiran Presiden ketiga RI BJ Habibie, di Pusat Kota Parepare menjadi Museum BJ Habibie.

Hal ini diungkapkan Taufan saat mengunjungi rumah tempat kelahiran mantan Wakil Presiden RI itu, sesaat sebelum BJ Habibie dikabarkan meninggal dunia di RSPAD Gatot Subroto di Jakarta, Rabu (11/9) pukul 18.05 WIB.

"Ini adalah tempat yang akan kami akan jadikan museum satu-satunya di dunia, karena saya pernah menyampaikan kepada beliau (BJ Habibie) dan dia menantang saya dengan mengatakan 'saya tantang kamu Taufan untuk membuat museum di rumah kelahiran saya'," ujar Taufan mengenang pertemuannya dengan BJ Habibie saat berkunjung ke Kota Parepare tahun 2017.

Taufan mengemukakan rencana pembangunan Museum BJ Habibie yang letaknya tidak jauh dari lokasi Monumen Cinta Sejati Habibie-Ainun di Kota Parepare itu, juga sudah mendapatkan dukungan positif dari Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah.

Wali Kota Parepare menjelaskan sebelumnya rumah tempat kelahiran BJ Habibie ini telah menjadi aset Kementerian BUMN, yang dimanfaatkan PT BNI'46, tetapi setelah ada pembicaraan BJ Habibie bersama Wali Kota Parepare Taufan Pawe dengan pihak PT BNI, sehingga rumah tersebut dialihkan sebagai aset daerah.

"Jadi saya bersama Bapak Habibie dan pihak BNI sudah bertemu, dan alhamdulillah rumah beliau itu telah menjadi aset daerah sekarang, sehingga insyaallah tahun 2020 kami mulai membangun museum tersebut," ujar Taufan.

Selain museum tersebut, kata Taufan Pemerintah Kota Parepare juga berencana akan membangun Taman BJ Habibie yang bertujuan untuk menjadikan tokoh Menteri Riset dan Teknologi di era Presiden Soeharto itu sebagai edukasi dan inspirasi.

Prof Dr Ing Bacharuddin Jusuf Habibie atau dikenal BJ Habibie lahir di Kota Parepare 25 Juni 1936 dari passangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan Tuti Marini Puspowardojo. BJ Habibie yang memiliki tujuh bersaudara itu menikahi Hasri Ainun Besari yang melahirkan dua orang putra yakni Ilham Akbar Habibie dan Tareq Kemal Habibie. (laode/ant/jpnn)

Wali Kota Parepare HM Taufan Pawe mengenang pertemuannya dengan BJ Habibie pada 2017.


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News