Secara Diam-Diam dan Tertutup, BG Sah jadi Wakapolri

Secara Diam-Diam dan Tertutup, BG Sah jadi Wakapolri
Budi Gunawan. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Komjen Budi Gunawan resmi jadi Wakapolri. Pelantikannya berlangsung diam-diam dan terkesan ditutup-tutupi, Rabu (22/4) kurang lebih pukul 14.00 di Rupatama Mabes Polri.

Kesan tertutup mulai terlihat ketika Polri tak menyebutkan siapa Wakapolri yang dipilih Dewan Jabatan dan Kepangkatan Tinggi Polri. Begitu juga dengan jadwal pasti pelantikan.

Alhasil, baru siang ini publik mengetahui bahwa yang menjadi Wakapolri adalah Komjen BG. Perwira Tinggi yang batal menjadi Kapolri itu pun dilantik langsung Kapolri Jenderal Badrodin Haiti.

Namun, baik BG maupun BH tak memberikan keterangan. Hanya Kadiv Humas Polri Irjen Anton Charliyan, yang keluar dari Rupatama Mabes Polri memberikan keterangan kepada wartawan.

"BG ada di atas. Pejabat Polri yang boleh memberikan keterangan cuma Humas. Saya mewakili konstitusi, tak harus langsung dari yang bersangkutan (memberikan keterangan)," kata Anton di depan Rupatama Polri.

Dia mengatakan, proses Wanjakti itu bersifat rahasia. Termasuklah telegram rahasia terkait pengangkatan BG sebagai Wakapolri. "Namanya rahasia harus dirahasiakan. Ini internal Polri, ini kesepakatan Wanjakti," tegasnya.

Namun, Anton membantah pengangkatan dan pelantikan BG ditutup-tutupi. "Jangan berburuk sangka," katanya.

Menurutnya pula, dalam pelantikan BG itu dihadiri pejabat utama Polri, Wanjakti, dan Kompolnas. "Tidak tertutup, tapi sederhana. Tidak harus mengundang sana-sini. Yang penting sesuai SOP dan mekanisme. Ini bukan permintaan BG, tapi kesepakatan bersama," katanya.

JAKARTA - Komjen Budi Gunawan resmi jadi Wakapolri. Pelantikannya berlangsung diam-diam dan terkesan ditutup-tutupi, Rabu (22/4) kurang lebih pukul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News