Seekor Anjing Terjangkiti Virus Corona, Dikarantina

Seekor Anjing Terjangkiti Virus Corona, Dikarantina
Anjing. ILUSTRASI. Foto: Pixabay.com

jpnn.com, HONG KONG - Seekor anjing milik warga di Hong Kong dikarantina karena terjangkiti virus corona. Anjing tersebut merupakan hewan piaraan milik pasien infeksi virus corona.

Kasus ini barangkali merupakan kasus pertama penularan virus dari manusia ke hewan.

Departemen Pertanian, Perikanan, dan Konservasi (AFCD) Hong Kong pada Rabu (4/3), menyebutkan, anjing tersebut mendapat hasil "positif namun lemah" dari pengujian virus corona, yang mengindikasikan infeksi tingkat rendah.

"Departemen akan melanjutkan pengawasan yang ketat terhadap anjing tersebut, serta mengulang pengujian kemudian. Anjing hanya akan dikembalikan kepada pemiliknya setelah hasil uji dinyatakan negatif," kata AFCD melalui keterangan tertulis.

AFCD menambahkan, tidak ada bukti bahwa hewan peliharaan bisa menjadi sumber infeksi virus corona.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga mengatakan bahwa sejauh ini tidak ada bukti bahwa hewan peliharaan bisa terinfeksi virus tersebut.

Ahli penyakit yang berbasis di Singapura, Dale Fisher, justru mengatakan hal itu mungkin terjadi, kendati hewan pada umumnya tidak akan menunjukkan gejala-gejala dan cenderung tidak menyebarkan virusnya lebih lanjut.

"Sebagian hewan mempunyai reseptor yang sama untuk COVID-19 (nama lain virus corona Wuhan), sehingga mereka bisa saja terinfeksi penyakitnya, tetapi hewan secara umum tidak menunjukkan gejala," kata Fisher, yang menjabat kepala Jaringan Global Peringatan dan Penanganan Wabah yang dikoordinasikan oleh WHO.

Seekor anjing milik pasien infeksi virus corona di Hong Kong, dikarantina karena dinyatakan positif namun lemah, terjangkiti virus corona.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News