Segera Dibangun, 26 Pusat Kegiatan di Perbatasan

Pemda Diminta Lebih Peduli soal Infratruktur di Perbatasan

Segera Dibangun, 26 Pusat Kegiatan di Perbatasan
Segera Dibangun, 26 Pusat Kegiatan di Perbatasan
JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi meminta pemerintah daerah yang wilayahnya berbatasan langsung dengan negara tetangga untuk memberi perhatian khusus terutama dalam penyediaan infrastrktur dasar bagi masyarakatnya yang tinggal di perbatasan. Menurut Mendagri, pendekatan keamanan di wilayah perbatasan juga harus dibarengi dengan pendekatan kesejahteraan.

Hal itu disampaikan Mendagri dalam acara Dialog Publik Tentang Pengelolaan Kawasan Perbatasan Negara di Kantor Kementrian Dalam Negeriu, Jumat (23/7). "Pemda perlu memberi perhatian dalam percepatan penyediaan infrastruktur dasar seperti penyediaan pemukiman layak huni, air bersih, listrik serta tempat usaha yang sesuai dengan sumber daya yang tersedia. Untuk masyarakat yang terisolir di pulau-pulau terpencil, jika perlu diberi bantuan bahan makanan dan keperluan sehari-hari," cetus Mendagri.

Hadir dalam pertemuan itu antara lain pejabat dari Kementrian Luar Negeri, Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Bakorsutanal, TNI, pimpinan Komisi II DPR, serta sejumlah pejabat dari pemda yang wilayahnya berbatasan dengan negara tetangga. Mendagri menambahkan, pembangunan yang memberi perhatian khusus pada wilayah perbatasan merupakan konsekuensi logis dari pemikiran yang menempatkan bahwa wilayah perbatasan sebagai halaman depan negara. "Jadi di samping pendekatan keamanan yang selama ini dilakukan, diperlukan pula pendekatan kesejahteraan melalui kegiatan pemberdayaan masyarakat," cetyusnya,

Lebih lanjut Mendagri menegaskan, visi dalam pengelolaan kawasan perbatasan adalah menjadikan kawasan perbatasan negara sebagai kawan tertib, aman sekaligus menjadi pintu gerbang dan pusat pertumbuhan ekonomi. Dikatakan pula, upaya pemerintah dalam mendorong pengembangan kawasan perbatasan di antarnya dengan menggesa regulasi maupun pembangunan di wilayah perbatasan.

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi meminta pemerintah daerah yang wilayahnya berbatasan langsung dengan negara tetangga untuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News