Sehari, Kantor BPJS Pemko Layani 3.000 Jiwa

Sehari, Kantor BPJS Pemko Layani 3.000 Jiwa
Sehari, Kantor BPJS Pemko Layani 3.000 Jiwa

jpnn.com - BANDUNG  – Data Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) yang diserahkan oleh Pemerintah Kota Bandung ke Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan masih ada yang kurang.

Tercatat, sekitar 350.000 data calon peserta BPJS yang berasal dari Jamkesda kesulitan diproses karena ketidaklengkapan data tersebut.

Ditemui di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, kemarin, Kepala Cabang Utama BPJS Kota Bandung, Gatot Subroto menuturkan ketidaklengkapan itu kebanyakan karena  ketiadaan alamat, tanggal lahir, hingga Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Keluarga (KK) yang salah. Dengan begitu, tentu pihaknya tak bisa memproses kartu BPJS bagi para peserta Jamkesda tersebut.

“Karena kalau gak lengkap kan susah. Kelengkapan data ini mempermudah proses pelayanan. Kalau belum lengkap kita gak bisa pindahkan ke database sehingga kita terpaksa melayani secara manual,” kata Gatot.

Dengan pelayanan manual ini, tentunya pelayanan yang dilakukan oleh pihak BPJS pun belum bisa optimal. Pasalnya, sampai saat ini, antrian di kantor BPJS selalu membludak seiring belum masuknya data ke database. Terlebih dalam sehari, pihaknya pun melayani hampir 3.000 jiwa calon peserta BPJS.

“Idealnya kami kan melayani 2.000 peserta. Jadi mohon maaf kalau dalam sehari gak bisa terlayani semuanya. Bukan karena kami membatasi. Kalau udah gak manual antrian tentunya akan berkurang. Karena kita juga prosesnya kan cepat,” ucap Gatot.

Oleh karena itu, Gatot pun mengaku telah melakukan konsolidasi dengan seluruh Kecamatan di Kota Bandung untuk sesegera mungkin melengkapi data tersebut. Targetnya sendiri, sambung Gatot, ia harapkan pada akhir Januari ini semua data peserta Jamkesda yang dialihkan ke BPJS bisa selesai seluruhnya.

“Targetannya akhir Januari bisa selesai. Saya juga challenge ke para Camat. Kalau sudah selesai dia lapor ke Pak Wali dan kita proses dan distribusi duluan. Jadi saya harap bisa cepat selesai,” ucapnya.

BANDUNG  – Data Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) yang diserahkan oleh Pemerintah Kota Bandung ke Badan Penyelenggara Jaminan Sosial

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News