Sejarah Hoki Indonesia, Lolos Asian Games 2022 via Kualifikasi

Sejarah Hoki Indonesia, Lolos Asian Games 2022 via Kualifikasi
Timnas Hoki Indonesia berhasil lolos Asian Games 2022 via Kualifikasi. Foto: PP FHI

jpnn.com, JAKARTA - Pengurus Pusat Federasi Hoki Indonesia (PP FHI) menunjukkan prestasi apik karena berhasil memastikan tiket menuju Asian Games 2022 Hangzhou yang digelar pada 2023 mendatang. 

Organisasi yang dipimpin Mayjen Budi Sulistijono itu bukan hanya dapat satu tiket, melainkan dua tiket sekaligus setelah timnas putra dan putri lolos ke Asian Games yang diundur pelaksanaannya karena Covid-19 tersebut.

Keberhasilan ini merupakan catatan positif karena sebelumnya Indonesia hanya bisa mengirim hoki ke Asian Games 1962 dan 2018 saat menjadi tuan rumah saja. Sisanya, saat Asian Games di negara lain, tidak pernah lolos.

"Timnas hoki Indonesia memang telah mencatat sejarah pertama kali tampil pada Asian Games yang digelar di luar negeri. Ini bukan tiket hadiah, tetapi murni dari prestasi yang dicapai Timnas hoki Indonesia pada babak kualifikasi Asian Games," kata Sekjen FHI Yasser Arafat Suaidy.

Di sektor putra, Timnas hoki yang diasuh pelatih asal Malaysia Dhaarma Raj itu lolos ke Asian Games 2022 setelah meraih perunggu pada babak kualifikasi Asian Games di Bangkok, Thailand, 5-15 Mei 2022 lalu. 

Timnas putri kemudian menyusul dengan menduduki peringkat kelima pada kejuaraan hoki Asia untuk babak Kualifikasi Asian Games 2022 di Lapangan Hoki Gelora Bung Karno, Jakarta, 6-14 Juni lalu.

Yasser menambahkan, pihaknya berterima kasih kepada Kemenpora yang telah mendukung tim hoki putra saat kejuraan Asia di Bangkok. 

"Setelah itu, kami berusaha mandiri saat menggelar Kejuaraan hoki putri untuk babak kualifikasi Asian Games 2022 Hangzhou. Sebab, kami ingin menunjukkan bahwa Timnas Hoki Putri Indonesia juga punya potensi untuk bisa memperkuat Kontingen Indonesia pada Asian Games 2022 Hangzhou," tandasnya. (dkk/jpnn)


Hoki Indonesia mencatatkan sejarah bisa lolos ke Asian Games via jalur kualifikasi.


Redaktur : Dhiya Muhammad El-Labib
Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News