Sejarah Kata Pertambangan di Negeri Tambang

Sejarah Kata Pertambangan di Negeri Tambang
Mak Itam, saksi sejarah perkembangan zaman di Ranah Minang. Kini kereta tua itu jadi kereta wisata ke bekas kawasan pertambangan Ombilin, Sawahlunto. Foto: Dok.JPNN.com.

jpnn.com - ADA yang bilang, "dahulu kala, primadona dunia adalah rempah-rempah. Kini, primadona dunia pertambangan. Dua primadona itu adanya di sini. Di negeri yang hari ini bernama Indonesia."

Nah, sejak kapan bangsa ini mengenal istilah pertambangan? 

"Sepanjang yang dapat dirunut, kata pertambangan pertama kali digunakan secara resmi pada bulan November 1946," tulis buku Sejarah Pertambangan dan Energi Indonesia

Ketika itu, di Magelang diresmikan kelembagaan pendidikan tinggi, menengah dan pertama untuk bidang pertambangan dan geologi. 

Namanya, Sekolah Pertambangan dan Geologi Tinggi (SPGT), Sekolah Pertambangan dan Geologi Menengah (SPGM) dan Sekolah Pertambangan dan Geologi Pertama (SPGP).

Buku setebal bantal yang diterbitkan Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral ini menceritakan... 

Merujuk pendapat umum, tambang adalah liang atau lubang dalam tanah tempat orang mengambil mineral dan bahan galian lain. 

Istilah tambang kemudian meluas, mencakup usaha di bidang minyak dan gas bumi. 

ADA yang bilang, "dahulu kala, primadona dunia adalah rempah-rempah. Kini, primadona dunia pertambangan. Dua primadona itu adanya di sini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News