Inilah Penampil Pertama dalam Sejarah TVRI

Inilah Penampil Pertama dalam Sejarah TVRI
Sampul album Kumbang Tjari. Foto: Public Domain.

jpnn.com - ORKES Kumbang Tjari menjadi grup pertama yang tampil di TVRI ketika stasiun televisi pemerintah itu diresmikan tahun 1962. Orkes Kumbang Tjari punya vokalis bernama Elly Kasim. Oi oi ayam den lapeh…

Wenri Wanhar- Jawa Pos National Network

24 Agustus 1962. Televisi Republik Indonesia yang berdiri di atas dasar Surat Keputusan Menteri Penerangan Republik Indonesia No. 20/SK/VII/61 diresmikan.

Ini peristiwa bersejarah. "TVRI adalah bagian dari proyek "mercusuar" pemerintahan Soekarno," tulis Agus Sudibyo dalam TVRI, Sejarah, dan Kendalam Menuju Televisi Publik, termuat dalam buku Ekonomi Politik Media Penyiaran.

"Sebuah proyek yang menempatkan gengsi bangsa di mata dunia luar sebagai prioritas utama," sambungnya.

Menggunakan pemancar berkekuatan 10 kilo watt dengan nama Saluran 5, Indonesia yang kemerdekaannya diproklamirkan bulan puasa, 17 Agustus 1945, punya televisi nasional.

Meski berdasar SK Menteri Penerangan, TVRI yang saat itu berbentuk yayasan, bertanggungjawab langsung pada Presiden Soekarno.

Yayasan TVRI bukan dinaungi Departemen Penerangan. Ia bagian dari Biro dan Televisi Organizing Comitte Asian Games IV.

ORKES Kumbang Tjari menjadi grup pertama yang tampil di TVRI ketika stasiun televisi pemerintah itu diresmikan tahun 1962. Orkes Kumbang Tjari punya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News