Sejumlah Elemen Papua Lakukan Aksi Pungut Sampah di Dermaga Yahim Sentani, Lihat Tuh

Sejumlah Elemen Papua Lakukan Aksi Pungut Sampah di Dermaga Yahim Sentani, Lihat Tuh
Sejumlah elemen berkolaborasi mulai dari instansi pemerintah, ormas, dan komunitas di Kabupaten Jayapura, Papua melakukan aksi pungut sampah di Dermaga Yahim. Foto: dok KLHK

jpnn.com, PAPUA - Sejumlah elemen berkolaborasi mulai dari instansi pemerintah, ormas, dan komunitas di Kabupaten Jayapura, Papua melakukan aksi pungut sampah di Dermaga Yahim Sentani, Rabu (08/6).

Hal itu dilakukan untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia (Wolrd Environment Day), yang jatuh pada 5 Juni 2022.

“Tahun ini merupakan perayaan 50 Tahun Konferensi Stockholm yang diadakan pada tahun 1972. Pertemuan tersebut merupakan konferensi tingkat dunia pertama yang membahas isu lingkungan,” kata Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Papua (P3E Papua) Edward saat membuka aksi pungut sampah.

Edward menyampaikan konferensi itu meletakkan dasar untuk pengaturan global mengenai perlindungan lingkungan.

Dermaga Yahim merupakan pusat transportasi air bagi warga yang bermukim di pulau-pulau kecil sekitar Danau Sentani.

Dengan meningkatnya aktivitas masyarakat di sekitar dermaga dan minimnya kesadaran masyarakat sekitar mengakibatkan penumpukan sampah di pesisir dermaga.

Sehingga, kata dia, perlu adanya aksi nyata dalam menanggulangi hal tersebut.

Karena itu, Edward mengajak seluruh lapisan masyarakat Papua untuk menjaga lingkungan dan tidak membuang sampah ke Danau Sentani.

Sejumlah elemen berkolaborasi mulai dari instansi pemerintah, ormas, dan komunitas di Kabupaten Jayapura, Papua melakukan aksi pungut sampah di Dermaga Yahim.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News