Sejumlah Ormas Maluku Berkomitmen Jaga Keamanan dan Tak Terprovokasi

Sejumlah Ormas Maluku Berkomitmen Jaga Keamanan dan Tak Terprovokasi
Sejumlah ormas Maluku di Jakarta menyampaikan pernyataan sikap atas insiden di Maluku Tengah dan Sorong. Foto: Dok Elfany Kurniawan/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Forum Komunikasi Ormas Maluku Cinta Damai Jakarta merespons insiden bentrokan di Sorong, Papua Barat, dan Maluku Tengah, Maluku, beberapa hari lalu.

Pihaknya menyampaikan pernyataan sikap atas bentrokan yang menewaskan sejumlah orang itu.

Ketua Umum Kerukunan Keluarga Besar Masyarakat Maluku (KKBMM) Djamaludin Koedoeboe mengatakan, pihaknya bersama sejumlah ormas Maluku di Jakarta tak akan terpengaruh dengan situasi di daerah.

“Pertama, kami berkomitmen menjaga keamanan dan ketertiban di Jakarta dan tidak terprovokasi dengan situasi di daerah,'' ujarnya saat membacakan pernyataan sikap di Jakarta, Jumat (28/1).

Lalu, mereka juga mendorong para raja, latupati, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda agar bisa menyelesaikan perkara di daerah dengan kekeluargaan.

“Kami juga mengimbau seluruh elemen masyarakat asal Maluku atau yang lainnya supaya tidak memprovokasi atau menghasut situasi di Sorong dan Maluku Tengah,” tegas Djamaludin.

Pihaknya juga memastikan bakal mendukung penuh pemerintah untuk melakukan rehabilitasi fisik dan sosial bagi korban insiden di Maluku dan Papua Barat.

“Serta mendukung penegakan hukum agar persaudaran sesama anak Maluku,” kata Djamaludin.

Sejumlah ormas Maluku memastikan tak terpengaruh atas insiden bentrokan di daerah serta menjaga kemanan dan ketertiban

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News