Sejumlah Politisi PDIP Ikut Korek Alasan Kenaikan BBM

Sejumlah Politisi PDIP Ikut Korek Alasan Kenaikan BBM
Warga mengantri di SPBU. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Komisi VI DPR Achmad Hafizs Tohir menyatakan, komisinya akan segera memanggil pemerintah untuk meminta penjelasan terkait kebijakan menaikkan harga BBM subsidi. Pihak pemerintah harus memberikan penjelasan mengenai alasan kenaikan sebesar Rp2.000 per liter.

 

Pemanggilan ini menurutnya penting dilakukan karena kenaikan harga BBM subsidi sudah menimbulkan efek domino terhadap kebutuhan pokok masyarakat.

Sejauh ini fraksi-fraksi yang akan bertanya itu terdiri dari Gerindra, Demokrat, PAN, PKS dan, ada perorangan dari Fraksi PDI Perjuangan.

"Kita akan secepatnya memanggil pemerintah, karena dampaknya sudah mulai diraskan masyarakat di sana-sini. Keputusan tersebut belum bisa diterima oleh masyarakat," kata Hafizs di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (20/11).

Politikus Fraksi PAN ini menegaskan, kebijakan pemerintah Joko Widodo-Jusuf Kalla menaikkan harga BBM juga belum bisa diterima secara logika oleh DPR. Karena itu pemerintah harus menjelaskan alasannya secara mendalam.

Dia mengakui kewenangan menaikkan harga BBM menjadi domain pemerintah. Tapi kebijakan yang ditempuh Jokowi-JK juga tidak biasa karena presiden sebelumnya tidak pernah mengambil keputusan tanpa melakukan koordinasi dengan DPR.

"Ini kalau dibiarkan 70 juta masyarakat yang rentan miskin bisa tergerus masuk dalam kalangan masyarakat miskin," tandasnya.(fat/jpnn)

JAKARTA - Ketua Komisi VI DPR Achmad Hafizs Tohir menyatakan, komisinya akan segera memanggil pemerintah untuk meminta penjelasan terkait kebijakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News