Sejuta Nelayan Kena Dampak Ekstrim

Sejuta Nelayan Kena Dampak Ekstrim
Sejuta Nelayan Kena Dampak Ekstrim
JAKARTA - Cuaca ekstrim awal tahun ini melanda sebagian besar perairan Indonesia. Kondisi itu membuat sebagian besar nelayan dalam kekurangan pangan. Untuk mengurangi beban mereka, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memberikan bantuan berupa kapal ukuran kecil hingga 10 gross tonnage (GT). KKP mengestimasi yang terkena dampak akibat cuaca ekstrim mencapai 1.429.703 nelayan di 33 provinsi.

"Selain memberikan bantuan langsung berupa sembako, nelayan juga diberikan edukasi untuk belajar mencari nafkah dari usaha lain," kata Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo usai berkunjung ke STP Serang, Banten.

Menurut dia, pihaknya melakukan empat langkah dalam mengatasi cuaca buruk. Mulai mengaktifkan mekanisme pemberian bantuan beras yang dilakukan Kementerian Sosial, percepatan pelaksanaan kegiatan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Kelautan dan Perikanan, penyelenggaraan pelatihan dan penyuluhan secara singkat, cepat, dan tepat untuk nelayan yang terkena dampak berupa pelatihan mengenai mata pencaharian alternatif. 

”Yang tidak kalah penting, mengoptimalkan mekanisme Corporate Social Responsibility (CSR) dari perusahaan swasta di bidang Migas. Caranya dengan menggunakan payung MoU antara KKP dengan BP Migas, serta Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) dari BUMN.

JAKARTA - Cuaca ekstrim awal tahun ini melanda sebagian besar perairan Indonesia. Kondisi itu membuat sebagian besar nelayan dalam kekurangan pangan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News