Sekjen Kemnaker Ingin Side Event C20 jadi Ajang Berbagi Pengalaman Mengatasi Pandemi

Sekjen Kemnaker Ingin Side Event C20 jadi Ajang Berbagi Pengalaman Mengatasi Pandemi
Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi saat memberikan sambutan bertajuk "Dari Indonesia, Berbuat Lebih kepada Warga Dunia yang Rentan" di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Selasa (8/3). Foto: Dokumentasi Kemnaker

jpnn.com, NUSA DUA - Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi mengingatkan untuk pulih dari pandemi Covid-19 tidak bisa dilakukan sendiri oleh suatu negara, melainkan harus secara bersama-sama sebagai warga dunia.

Karena itu, dia berharap melalui forum Side Event C20 Kick-Off Meeting yang digelar di Nusa Dua, Bali, menjadi tempat bagi para peserta berbagi pengalaman mengenai situasi kelompok rentan dan marjinal di Indonesia, khususnya pekerja, pada masa pandemi.

Selain itu, berbagi pengalaman mengenai upaya dan kendala yang dihadapi dalam proses meningkatkan kondisi kehidupan sosial-ekonominya di masa pandemi Covid-19.

"Saya berharap melalui forum ini kita mengambil intisari dari upaya-upaya Indonesia, yang mungkin saja dapat menjadi contoh bagi warga negara dunia rentan lainnya," kata Sekjen Anwar Sanusi saat memberikan sambutan bertajuk "Dari Indonesia, Berbuat Lebih kepada Warga Dunia yang Rentan" di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Selasa (8/3).

Dia mengatakan dampak pandemi dirasakan secara tidak merata pada kasus Indonesia.

Dampak lebih berat dialami oleh angkatan kerja lapisan menengah ke bawah, khususnya angkatan kerja perempuan.

Pada kelompok pekerja, dampak pandemi lebih berat dirasakan oleh empat kelompok pekerja, yaitu pekerja yang beralih dari lapangan usaha industri ke lapangan usaha pertanian, pekerja yang beralih dari sektor formal ke informal, pekerja di lapangan usaha akomodasi makan-minum, serta pekerja migran.

Pada kategori pengangguran dampak pandemi dirasakan lebih berat oleh kelompok usia muda, berpendikan menengah, laki-laki, di perkotaan.

Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi menginginkan forum Side Event C20 jadi ajang berbagi pengalaman bagi para peserta dalam mengatasi pandemi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News