Sekjen Kemnaker: Instruktur BLK Komunitas Aktor Utama dalam Mewujudkan SDM Berkompeten

Sekjen Kemnaker: Instruktur BLK Komunitas Aktor Utama dalam Mewujudkan SDM Berkompeten
Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi saat menyampaikan sambutan di acara Rakernas Instruktur BLK Komunitas yang berlangsung di Surabaya, Jawa Timur, Senin (14/8). Foto: Dokumentasi Humas Kemnaker

jpnn.com, SURABAYA - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menggelar rapat kerja nasional (Rakernas) instruktur Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas di Surabaya, Jawa Timur, Senin (14/8).

Sekretaris Jenderal Kemnaker Anwar Sanusi mengatakan peranan instruktur di lembaga pelatihan kerja harus diperkuat lantaran memiliki korelasi dengan pembangunan sumber daya manusia (SDM) dan sebagai pintu masuk mewujudkan SDM Indonesia yang berkompeten.

"Instruktur juga merupakan aktor utama dalam pelatihan kerja yang berfungsi sebagai fasilitator dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan, perubahan sikap, dan perilaku (etos kerja) dari tenaga kerja, " kata Sekjen Anwar Sanusi.

Dia mengungkapkan banyak hal perlu dipersiapkan untuk menyiapkan tenaga kerja kompeten.

Selain menyiapkan standar kompetensi yang menjadi acuan dalam proses pelatihan, lembaga pelatihan kredibel, training material berkualitas, tak kalah penting adalah instruktur qualified dalam mentransfer skill, knowledge, dan attitude kepada peserta pelatihan.

"Semuanya ini merupakan runtutan satu kesatuan dalam proses untuk membangun SDM yang berkualitas yang mampu bersaing dalam dunia kerja," ujar Sekjen Anwar.

Sekjen Anwar berpesan kepada para instruktur agar selalu siap menghadapi segala perubahan-perubahan yang terjadi dengan meningkatkan kompetensi yang dimiliki.

Dia menyakini para instruktur yang mengikuti rakernas siap menghadapi perubahan dan mampu memberikan kontribusi kepada bangsa Indonesia.

Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi mendorong agar peranan instruktur BLK Komunitas harus diperkuat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News