Wakil Ketua MPR Bangga BLK Komunitas Tumbuh jadi 3.757 Saat Kemnaker Dipimpin Ida Fauziyah

Wakil Ketua MPR Bangga BLK Komunitas Tumbuh jadi 3.757 Saat Kemnaker Dipimpin Ida Fauziyah
Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar (lima dari kiri) bersama Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah saat menghadiri 'Silaturahim Nasional Santri Vokasi dan Rapat Koordinasi Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) 2023' di Jombang, Jawa Timur, Minggu (13/8) malam. Foto: Dokumentasi Humas Kemnaker

jpnn.com, JOMBANG - Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar mengaku bangga Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) di bawah kepemimpinan Ida Fauziyah kini memiliki 3.757 Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas yang tersebar di seluruh Indonesia.

Menurutnya, pertumbuhan BLK Komunitas tersebut tidak lepas dari komitmen kuat pemerintah yang telah dirintis sejak 15 tahun lalu.

"Komitmen terus tumbuh kembang dan mencapai puncak di era Presiden Jokowi. Dari hasil diskusi dengan presiden, tak mungkin percepatan peningkatan kapasitas SDM hanya mengandalkan lembaga-lembaga pendidikan formal," kata Muhaimin di acara 'Silaturahim Nasional Santri Vokasi dan Rapat Koordinasi Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) 2023' di Jombang, Jawa Timur, Minggu (13/8) malam.

Karena itu, lanjut Muhaimin menuturkan, diperlukan adanya terobosan, dan satu-satunya terobosan paling efektif dengan memperbanyak BLK di seluruh lingkungan kekuatan masyarakat.

Sementara itu, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyampaikan salah satu lembaga yang paling banyak mendapat perhatian melalui BLK Komunitas adalah pesantren.

Pasalnya, pemerintah ingin agar pesantren bisa menjadi motor penggerak peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Indonesia.

Menaker Ida Fauziyah menjelaskan melalui BLK Komunitas ini, pemerintah juga ingin agar para generasi muda santri semakin mandiri dan berdaya membangun perekonomian bangsa di era globalisasi dan digitalisasi.

"Jangan pernah ada lagi stigma kalau santri itu tertinggal atau hanya pintar masalah agama saja," tegas Menaker Ida Fauziyah.

Wakil Ketua MPR Muhaimin Iskandar mengaku banggsa BLK Komunitas tumbuh menjadi 3.757 saat Kemnaker dipimpin Menteri Ida Fauziyah, simak pernyataannya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News