Sekjen PDIP Sebut Silat Bisa Menjauhkan Anak-anak dari Kekerasan

Sekjen PDIP Sebut Silat Bisa Menjauhkan Anak-anak dari Kekerasan
Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto di Festival Pencak Silat Banteng Wulung Cup 2023 se-Bandung Raya, di GOR Pajajaran, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (4/3). Foto: Dok PDIP.

jpnn.com - BANDUNG - Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menghadiri Festival Pencak Silat Banteng Wulung Cup 2023 se-Bandung Raya di GOR Pajajaran, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (4/3).

Acara itu dihadiri pula oleh inisiator festival sekaligus anggota DPR dari Dapil Jawa Barat TB Hasanuddin.

Hadir pula Ketua DPD PDIP Jawa Barat Ono Surono dan Sekretaris DPD PDIP Jabar Ketut Sustiawan serta anggota DPR RI Niko Siahaan dan Wakil Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari.

Hasto mengapresiasi festival pencak silat yang digagas oleh TB Hasanuddin.

Menurutnya, pria yang akrab disapa Kang TB itu memiliki profil yang lengkap, mulai dari purnawirawan TNI bintang dua, anggota DPR, dan penggemar pencak silat.

“Ilmu silatnya ini bisa menghancurkan lawan-lawannya yang mau menghancurkan NKRI. Ketika ada pihak-pihak pada waktu itu yang mengancam kewibawaan Pak Jokowi, saya lihat Kang TB ini menampilkan kebolehannya di dalam ilmu nusantara, yang menurut saya, dari tampilan tadi sungguh menampilkan silat begitu cepat, kokoh fondasinya, dan belajar dari alam,” kata Hasto

Di sisi lain, Hasto mengatakan Proklamator RI Bung Karno pernah belajar di kampus yang kini dikenal dengan Institut Teknologi Bandung (ITB).  Dosen ilmu pertahanan di Universitas Pertahanan (Unhan) itu mengatakan Bung Karno juga memahami bagaimana kebudayaan di Bumi Pasundan ini.

Bung Karno, lanjut Hasto, ketika dikejar kolonialisme Belanda karena berpidato sangat keras mengenai kemerdekaan, kerap dicari hingga ke desa-desa di Bandung.

Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyebut silat bisa menjauhkan anak-anak dari kekerasan. Silat harus diajarkan kepada anak-anak sejak dini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News