Sekjen PMII: Sepak Bola Indonesia Harus Maju dan Palestina Harus Merdeka

Sekjen PMII: Sepak Bola Indonesia Harus Maju dan Palestina Harus Merdeka
Logo Piala Dunia U-20 2023 Indonesia. Foto: PSSI

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Muhammad Rafsanjani mendukung kelancaran penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di Indonesia. 

Dia menilai sudah seharusnya seluruh timnas peserta dapat bertanding di Indonesia, termasuk Tim Nasional Israel.

Terkait penolakan Timnas Israel, Rafsan menyebutkan Indonesia saat ini memiliki dua kepentingan yaitu kemajuan sepak bola dan kemerdekaan Palestina. 

“Dalam konteks ini negara kita memiliki 2 national interest. Saya kira sulit jika melihatnya hitam putih karena akan ada kepentingan nasional yang hilang. Padahal kan harus kena semuanya, sepak bola Indonesia maju, kemerdekaan Palestina terwujud," kata Rafsan dalam keterangannya, Selasa (28/3).

Dia juga menyebutkan konteks geopolitik saat ini berbeda dengan kebijakan era pemerintahan Presiden Soekarno yang menolak kehadiran tim Israel di Indonesia.

Rafsan menjelaskan kala itu ada konteks Indonesia terancam kehilangan dukungan dari negara-negara Timur Tengah. 

"Lagi pula sikap politik sejumlah negara di Timur Tengah juga sudah berubah. Misal, dulu Mesir ngambek ke Indonesia jika Israel bermain di Indonesia. Sekarang Mesir udah punya hubungan diplomatik dengan Israel. Dan Mesir dari dulu sampe sekarang konsisten berjuang untuk kemerdekaan Palestina,” jelasnya.

Rafsan sebaliknya melihat peluang pada momen kehadiran Timnas Israel untuk dimanfaatkan menjadi sarana diplomasi.

Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Muhammad Rafsanjani mendukung kelancaran penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News