Sekolah dan Kampus Perlu Terapkan Larangan Bersalaman Sementara?

Sekolah dan Kampus Perlu Terapkan Larangan Bersalaman Sementara?
Wakil Ketua Komisi X DPR Hetifah Sjaifudian. Foto: Humas DPR

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi X DPR Hetifah Sjaifudian mengatakan, perlu tidaknya larangan bersalaman sementara di sekolah untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona, sebaiknya diputuskan oleh Kementerian Kesehatan.

Hal ini disampaikan Hetifah, ketika ditanya perlu tidaknya larangan itu diberlakukan. Walaupun sejumlah sekolah swasta, muridnya tidak diharuskan lagi menyalami guru yang menunggu di depan kelas. Seperti yang terpantau di salah satu sekolah di Kota Depok sejak Selasa (3/3).

"Sebaiknya tidak parsial-parsial. Yang bagus ada SOP dari Kemenkes untuk semua. Kemendikbud melaksanakan kebijakan dan petunjuk Kemenkes di lingkungan pendidikan seperti sekolah dan kampus. Apa yang disosialisasikan, petunjuk umum apa yang harus atau tidak perlu dilakukan dikeluarkan Kemenkes,," ucap Hetifah saat dihubungi jpnn.com, Rabu malam (4/3).

Legislator asal Kalimantan Timur ini juga mengimbau Kemendikbud untuk menjadi pihak yang aktif menyosialisasikan mengenai pencegahan virus corona ini.

“Sebarkan informasi seluas-luasnya melalui berbagai media yang dimiliki Kemendikbud, seperti youtube, atau infografis di media sosial," kata politikus Golkar ini.

Selain itu, Kemendikbud sebaiknya menginstruksikan kepada para guru dan kepala sekolah untuk memberikan pemahaman kepada murid mengenai hal ini.

“Karena guru dan kepala sekolah adalah pihak yang sehari-hari berinteraksi langsung dengan siswa. Kami harap bisa memberi penjelasan yang benar di tengah kesimpang siuran informasi," pintanya.

Hetifah menambahkan, para orang tua juga jangan panik dan ikut membantu mengedukasi putra-putrinya. Sebab, virus Corona menyerang individu yang memiliki kekebalan tubuh rendah, sehingga anak perlu diajarkan untuk makan sehat, minum vitamin, olahraga, dan cuci tangan dengan sabun.

Perlu tidaknya larangan bersalaman sementara di sekolah untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona, sebaiknya diputuskan oleh Kementerian Kesehatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News