Sekolah di Babel Terpaksa Tunda UNBK

Sekolah di Babel Terpaksa Tunda UNBK
Suasana UNBK di salah satu sekolah di Bojonggede, Jawa Barat. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Meski secara umum pelaksanaan ujian nasional (UN) di hari pertama berjalan lancar, namun masih ada sekolah yang bermasalah. 

Seperti yang dialami‎ dua sekolah di Provinsi Bangka Belitung (Babel) yang terpaksa menunda pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) lantaran ada kendala teknis.

"Secara umum baik dan lancar. Belum ada laporan yang kasusnya berat," kata Sekretaris Balitbang Kemdikbud Dadang Sudiyarto, di Posko UN, Kantor Kemdikbud Jakarta, Senin (4/4).

Dia mengungkapkan, laporan tim lapangan, pelaksanaan UNBK di SMK Yapis Biak Papua, SMKN 3 Merauke Papua, SMKN 1 Batam Kepulauan Riau, SMKN 6 Jakarta, SMAN 8 Jakarta, SMKN 2 Salatiga Jawa Tengah, dan SMKN 1 Denpasar Bali berjalan dengan lancar.‎

Terdapat kondisi khusus di Provinsi Bangka Belitung sebanyak dua sekolah dari empat sekolah yang mengikuti UNBK susulan. Hal ini disebabkan adanya kendala teknis dari jaringan. 

"Kendala yang terjadi di Provinsi Bangka Belitung ini bisa diselesaikan dengan mengikuti ujian susulan sesuai jadwal yang sudah ditetapkan,” kata Dadang.

Laporan terakhir yang masuk masuk di Posko UN Kemdikbud dari beberapa daerah lainnya seperti Provinsi Jawa Barat, Banten, Jambi, Riau, DI. Yogyakarta, Sumatera Barat, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Selatan berjalan dengan lancar, baik UNBK maupun UN Berbasis Kertas. Secara umum, pelaksanaan UN hari pertama ini berjalan sesuai yang diharapkan. (esy/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News