245 SMA di Surabaya Gelar UNBK Mandiri

245 SMA di Surabaya Gelar UNBK Mandiri
Ujian Nasional Berbasis Komputer. Foto ilustrasi dok.JPNN

jpnn.com - SURABYA--‎Pen‎yelenggaraan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Kota Surabaya menerapkan dua sistem yaitu mandiri dan gabung.

Sekolah yang menyelenggarakan UNBK secara mandiri, berarti telah memenuhi semua persyaratan yang telah ditetapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam penyelenggaraan UNBK, dan bisa mengadakan UNBK di sekolahnya sendiri.

Sedangkan bagi sekolah yang belum memenuhi persyaratan sarana dan prasarana untuk UNBK, lokasi ujiannya bergabung dengan sekolah lain yang telah memenuhi persyaratan. ‎

Dari total 254 SMA/SMK/MA di Surabaya, 245 sekolah menyelenggarakan UNBK secara mandiri. Sisanya, sembilan sekolah, menyelenggarakan UNBK dengan bergabung di sekolah lain.

SMA Hang Tuah 1 Surabaya menjadi salah satu sekolah penyelenggara UNBK secara mandiri, dengan menggunakan konsep satu atap, yaitu memanfaatkan sumber daya dari sekolah lain yang sama-sama berada di bawah Yayasan Hang Tuah. 

Kepala SMA Hang Tuah 1 Surabaya, Hadi Sukiyanto mengatakan, sebenarnya jumlah komputer di sekolahnya belum mencukupi untuk menyelenggarakan UNBK secara mandiri.

Kemudian SMA Hang Tuah 1 meminjam komputer dari SMP Hang Tuah, dan memindahkannya ke SMA Hang Tuah 1 untuk digunakan dalam UNBK.

"Sehingga di sini terpenuhi 160 komputer untuk 398 siswa (IPA dan IPS)," ujar Hadi di Gedung SMA Hang Tuah 1 Surabaya, Jawa Timur, Senin (4/4)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News