Sekolah Gratis, Sumut Sediakan Rp52,6 M

Sekolah Gratis, Sumut Sediakan Rp52,6 M
Sekolah Gratis, Sumut Sediakan Rp52,6 M
JAKARTA - Kepala Dinas Pendidikan Pemprov Sumut, Bahrumsyah menjelaskan, ke depan Pemprov Sumut akan mengeluarkan kebijakan pendidikan gratis 12 tahun, yakni untuk SD, SMP, SMA dan SMK. Sebelumnya, program pendidikan gratis 9 tahun sudah dilakukan.

Bahrum yakin, program ini akan berhasil, asalkan ada komitmen bersama dengan elemen-elemen masyarakat lainnya. Pemprov akan mengucurkan tiga jenis anggaran untuk program ini. Pertama, untuk anggaran pribadi siswa kurang mampu, seperti baju seragam dan uang transport. Besarnya sama dengan dana BOS yakni Rp 400 ribu per siswa setiap tahunnya.

Alokasi dana yang disediakan sebesar Rp52,645 miliar. Rinciannya, jumlah siswa SD yang kurang mampu sebanyak 63.823 siswa, memerlukan dana Rp22,97 miliar. Untuk siswa SMP kurang mampu sebanyak 20.997 butuh dana Rp11,75 miliar. Untuk siswa SMA kurang mampu sebanyak 13.362 siswa perlu Rp10,42 miliar, dan untuk siswa SMK kurang mampu yang jumlahnya 9.498 perlu dana Rp7,4 miliar.

Kedua, dana BOS. Ketiga, biaya investasi sekolah, misal untuk renovasi bangunan sekolah. “Untuk 2010, sudah pasti dana untuk sektor pendidikan akan naik lagi. Yang sekarang saja sudah mencapai sekitar 22 persen dari total APBD,” ujar Bahrum di sela-sela acara di kantor Depdiknas, Jakarta, Senin (15/6).

JAKARTA - Kepala Dinas Pendidikan Pemprov Sumut, Bahrumsyah menjelaskan, ke depan Pemprov Sumut akan mengeluarkan kebijakan pendidikan gratis 12

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News