Sekolah Kekurangan 3.142 WC

Sekolah Kekurangan 3.142 WC
Sekolah Kekurangan 3.142 WC
BALIKPAPAN – Ini kabar sekaligus ironi yang unik tapi mengejutkan. Peningkatan kualitas pendidikan di kota ini yang dinilai cukup baik ternyata belum dibarengi oleh ketersediaan sarana dan prasarana pendukung lain di luar pelajaran.

Sarana penunjang kesehatan anak didik dan masyarakat di lingkungan sekolah belum menjadi perhatian khusus. Begitulah kenyataannya. Disdik Balikpapan mencatat bahwa sekolah-sekolah yang ada di Kota Minyak masih kekurangan 3.142 WC.

Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Sri Wahyuningsih mengakui hal itu. “Saat ini kita baru memiliki 1.460 bilik WC yang memenuhi syarat kesehatan.  Sementara berdasar kalkulasi kebutuhan data jumlah sekolah yang ada, Disdik wajib menyediakan 4.602 bilik WC yang sehat. Berarti kurang 3.000 lebih,” terangnya.

Menurutnya, keterbatasan anggaran menjadi penyebab utama kurangnya ketersediaan fasilitas umum bagi siswa tersebut. Untuk memenuhinya, Disdik mengajak instansi swasta berperan menyukseskan program Pola Hidup Bersih dan Sehat (PBHS) dengan mewujudkan ketersediaan WC bersih di lingkungan sekolah melalui program Corporate Social Responsibility (CSR). 

BALIKPAPAN – Ini kabar sekaligus ironi yang unik tapi mengejutkan. Peningkatan kualitas pendidikan di kota ini yang dinilai cukup baik ternyata

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News