Sekolah Swasta di Pati Kekurangan Murid

Sekolah Swasta di Pati Kekurangan Murid
Sekolah Swasta di Pati Kekurangan Murid
PATI - Sejumlah sekolahan swasta, terutama SMP/MTs, di Kabupaten Pati kelimpungan. Gara-garanya, jumlah pendaftar calon siswa baru minim. Bahkan hingga hari ke-8 Jumat (9/7) pendaftaran siswa baru (PSB) di SMP/MTs swasta, hampir tidak ada calon siswa yang mendaftarkan diri.

Pada tahun-tahun sebelumnya, begitu pendaftaran SMP Negeri ditutup dan hasilnya diumumkan, sekolah swasta langsung kebanjiran pendaftar. ""Kami menerima keluhan dari beberapa pengelola sekolah swasta tentang minimnya pendaftar di sekolah mereka,"" kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Pati melalui Kabid Pendidikan Dasar dan Menegah Kabupaten Pati, Bambang Santosa, kemarin.

Menurut Bambang, minimnya pendaftar di SMP/MTs swasta itu menimbulkan tanda tanya besar. Apalagi jumlah lulusan SD/MI di Kabupaten Pati sekitar seribu siswa lebih. "Yang diterima di SMP Negeri bisa kita hitung berdasar kuota masing-masing sekolah. Ternyata, sebagian besar sekolah swasta mengeluh kekurangan pendaftar Ini,"" tuturnya.

Dia menambahkan, minimnya pendaftar SMP/MTs swasta itu merata di seluruh Kabupaten Pati. Hal ini disebabkan, selain menurunnya jumlah anak didik usia sekolah SD, juga adanya pengaruh selektifnya orang tua dalam memilih sekolahan yang menjadi salah satu penyebab menurunnya jumlah siswa.

PATI - Sejumlah sekolahan swasta, terutama SMP/MTs, di Kabupaten Pati kelimpungan. Gara-garanya, jumlah pendaftar calon siswa baru minim. Bahkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News