Sektor Perbankan Solid, BI Rate Bertahan 5,75 Persen

Sektor Perbankan Solid, BI Rate Bertahan 5,75 Persen
Sektor Perbankan Solid, BI Rate Bertahan 5,75 Persen
JAKARTA - Lonjakan inflasi sepanjang Januari lalu yang menyentuh angka 1,03 persen (month-to-month/mtm) belum mampu menggoyahkan BI Rate. Selasa (12/2), Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk mempertahankan BI Rate pada level 5,75 persen. Artinya, level ini sudah bertahan selama 13 bulan sejak Februari 2012 lalu.

Direktur Humas BI Difi A. Johansyah mengatakan, tingkat BI Rate tersebut dinilai masih konsisten dengan tekanan inflasi yang terkendali sesuai dengan sasaran inflasi tahun 2013 dan 2014 di kisaran 4,5-1 persen.  "BI menilai perekonomian Indonesia masih menunjukkan kinerja yang kuat, namun tetap mewaspadai masih tingginya tekanan terhadap keseimbangan eksternal sejalan dengan masih kuatnya impor di tengah pelemahan ekonomi global," ujarnya melalui keterangan resmi, kemarin (12/3).

Ke depan, kata Difi, BI akan memperkuat bauran kebijakan untuk mendorong penyesuaian keseimbangan eksternal sehingga defisit transaksi berjalan berada pada tingkat yang sustainable. "BI akan tetap menjaga stabilitas nilai tukar sesuai dengan fundamentalnya dan mendorong terciptanya pasar valas yang lebih efisien," katanya.

Sebagai gambaran, sepanjang Januari 2013 lalu rupiah secara rata-rata melemah sebesar 0,22 persen dibanding periode Desember 2012 ke level Rp 9.654 per dolar AS (USD) dengan volatilitas yang tetap terjaga.

JAKARTA - Lonjakan inflasi sepanjang Januari lalu yang menyentuh angka 1,03 persen (month-to-month/mtm) belum mampu menggoyahkan BI Rate. Selasa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News