Sektor Pertanian Masih Jalan Sendiri

Sektor Pertanian Masih Jalan Sendiri
Foto : Zulhakim/JPNN
JAKARTA — Wakil Presiden (Wapres) Boediono menilai sektor perekonomian Indonesia saat ini masih belum berjalan terpadu dengan dengan pola perekonomian nasional. Sektor yang menafkahi puluhan juta rakyat Indonesia ini justru cenderung masih berjalan sendiri.

Akibatnya, pengembangan sektor pertanian belum bisa optimal produk pertanian nasional belum bisa berbicara banyak di pasar internasional. Hal ini disampaikan Wapres saat membuka pameran produk pertanian Agrinex Internasional, di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Jumat (12/3). "Itu (pertanian) belum nyambung benar dengan perekonomian kita," ujar Boediono, dalam sabutannya.

Dijelaskannya, di negara-negara maju sektor pertanian merupakan bagian penting yang telah disinergikan dengan sektor manufaktur. Sehingga, komoditas yang dihasilkan tak hanya berbentuk bahan mentah agricultural tapi juga hasil olahan yang menghasilkan nilai tambah lebih.

Padahal  lanjut Boediono, Indonesia memiliki semua hal tentang pertanian. Baik dari sumberdaya alam dan sumber daya manusia. "Sayangnya kita (Masih) ketinggalan,’’ paparnya.

JAKARTA — Wakil Presiden (Wapres) Boediono menilai sektor perekonomian Indonesia saat ini masih belum berjalan terpadu dengan dengan pola perekonomian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News