Sekutu Nomor Wahid Israel, Amerika Serikat Janjikan Bantuan Luar Biasa untuk Gaza

Sekutu Nomor Wahid Israel, Amerika Serikat Janjikan Bantuan Luar Biasa untuk Gaza
Presiden AS Joe Biden (kiri). Foto: ANTARA /REUTERS/Kevin Lamarque/rwa.

jpnn.com, WASHINGTON DC - Presiden Amerika  Serikat Joe Biden menjanjikan bantuan kemanusiaan dan rekonstruksi untuk Gaza yang 11 hari terakhir terus dibombardir militer Israel.

Biden, muncul sebentar di Gedung Putih setelah berita tentang perjanjian gencatan senjata, juga berjanji untuk mengisi kembali sistem pertahanan rudal Iron Dome Israel, meskipun ada keluhan dari Partai Demokrat tentang penjualan senjata Amerika Serikat (AS) yang tertunda ke Israel.

Biden mengatakan Amerika Serikat akan bekerja melalui Perserikatan Bangsa-Bangsa dan pemangku kepentingan internasional lainnya untuk memberikan bantuan kemanusiaan dengan cepat.

"Dan mengumpulkan dukungan internasional bagi orang-orang di Gaza dan upaya rekonstruksi," ujar dia.

Dia bersikeras bahwa bantuan rekonstruksi akan diberikan dalam kemitraan dengan Otoritas Palestina dan bukan dengan Hamas, yang oleh Amerika Serikat disebut sebagai organisasi teroris.

Otoritas Palestina, yang dijalankan oleh Presiden moderat Mahmoud Abbas, hanya mengatur sebagian dari Tepi Barat yang diduduki, sementara Hamas memegang kekuasaan di Jalur Gaza.

"Kami akan melakukan ini dalam kemitraan penuh dengan Otoritas Palestina - bukan Hamas - dengan cara yang tidak mengizinkan Hamas untuk mengisi kembali persenjataan militernya," kata Biden.

Juru bicara Departemen Luar Negeri Ned Price mengatakan Menteri Luar Negeri Antony Blinken akan melakukan perjalanan ke wilayah Timur Tengah dalam beberapa hari mendatang untuk bertemu dengan rekan-rekan Israel, Palestina dan regional untuk membahas upaya pemulihan dan "bekerja sama untuk membangun masa depan yang lebih baik bagi Israel dan Palestina."

Meski kerap dianggap sama jahatnya dengan Israel, Amerika Serikat memiliki kepedulian besar terhadap nasib warga Palestina di Gaza

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News