Sel Pengap, Kesehatan Baasyir Terganggu

Sel Pengap, Kesehatan Baasyir Terganggu
Sel Pengap, Kesehatan Baasyir Terganggu
JAKARTA - Kondisi kesehatan Ustad Abu Bakar Ba"asyir, yang kini berada dalam rumah tahanan (rutan) Bareskrim Mabes Polri terganggu. Pendiri pondok pesantren Ngruki, Sukoharjo, Jawa Tengah, itu bahkan perlu operasi mata karena gangguan penglihatan yang akut.  "Kami minta Polri memfasilitasi. Bagaimanapun, beliau adalah ulama," kata Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah Saleh Partaonan Daulay setelah menjenguk Ba"asyir kemarin (1/12).  

Menurut Hasyim Abdullah, asisten pribadi (aspri) Ba"asyir, amir (pimpinan) Jamaah Anshorut Tauhid (JAT) itu menderita nyeri pada lutut, dan gangguan pada mata. "Kesehatan beliau agak terganggu karena selnya kurang cahaya dan agak pengap," ujar pria yang sudah mendampingi Ba"asyir sejak 2002 itu.

Tentang kekhawatiran polisi bahwa Ba"asyir akan melarikan diri, Saleh menilai terlalu dipaksakan dan tak berdasar. Sebaliknya, dia menilai jika izin berobat tidak diberikan kepada Ba"asyir, hal itu sama saja dengan menunjukkan praktik diskriminasi. "Gayus saja boleh (keluar rutan untuk berobat), masa ustad Abu yang sudah sepuh dilarang," katanya.

Pemuda Muhammadiyah juga mendesak Mabes Polri membeber bukti keterlibatan Ba"asyir dalam kasus dugaan terorisme seperti yang disangkakan polisi. Jika memang terbukti, Polri diminta segera merampungkan berkas perkaranya. "Tetapi, bila tak ditemukan bukti yang cukup untuk menuntut yang bersangkutan, Polri harus membebaskan Abu Bakar Ba"asyir demi keadilan dan kemanusian," pintanya.

JAKARTA - Kondisi kesehatan Ustad Abu Bakar Ba"asyir, yang kini berada dalam rumah tahanan (rutan) Bareskrim Mabes Polri terganggu. Pendiri pondok

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News