Selain Batuk dan Sesak Napas, Ini Gejala Baru untuk Penderita Covid-19

Selain Batuk dan Sesak Napas, Ini Gejala Baru untuk Penderita Covid-19
Ilustrasi - Kasus pisitif Covid-19 di Pekanbaru mulai menurun. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Tenaga medis menemukan adanya gejala baru yang diderita oleh pasien Covid-19. Selain batuk, pilek, flu, demam, dan sesak napas, ada gejala lainnya seperti halusinasi dan gangguan mood.

Hal itu disampaikan Dokter Ivan Adrian dalam webinar bertajuk Menerapkan Protokol Kesehatan Menjelang Liburan Akhir Tahun yang digelar Media Center Satgas Covid-19 di Graha BNPN, Jakarta, Selasa (15/12).

"Sekarang tambah lagi ada kehilangan penciuman, kehilangan pengecapan, ada diare, sakit perut, sakit otot, malaise, bertambah lagi halusinasi dan gangguan mood," kata Ivan.

Oleh karena itu, kata Ivan, masyarakat harus memiliki kesadaran tinggi memahami dampak dan gejala yang ditimbulkan apabila seseorang terinfeksi Covid-19.

Ivan juga mengingatkan masyarakat waspada pada saat atau usai liburan bila memiliki gejala yang mirip seperti yang disebutkan di atas. Ivan menilai masyarakat yang mengalami gejala itu harus memeriksakan diri.

BACA JUGA: Kapolres Sergai dan Anggota Diperiksa Propam Polda Sumut, Kasus Apa?

"Protokol kesehatan 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta menjaga jarak dan menghindari kerumunan wajib diterapkan saat berlibur," kata Ivan. (tan/jpnn)

Tenaga medis menemukan adanya gejala baru, seperti halusinasi dan gangguan mood, bagi mereka yang terinfeksi virus Covid-19. Masyarakat diminta untuk memahami gejala-gejala Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News