Selain Diracun, Inilah Persamaan Kematian Mirna dan Aktivis Munir

Selain Diracun, Inilah Persamaan Kematian Mirna dan Aktivis Munir
Wayan Mirna Salihin diwakili pramusaji Kafe Olivier melakukan adegan ulang bersama dua temannya, Siska (baju berwarna cream), dan Hani (baju berwarna merah muda) Kafe Olivier, West Mall, Grand Indonesia (GI) Tanah Abang, Jakarta, Senin, (11/1) hari ini. Foto: Fathan Sinaga/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Anton Charliyan menjelaskan bahwa ada kesamaan antara kematian Wayan Mirna Salihin, 27, usai ngopi di kafe Olivier dengan aktifis HAM, Munir Said Thalib. Anton mengungkapkan jika keduanya tewas disebabkan oleh racun dan melalui media minuman.

Patut diketahui, dari hasil lab forensik Mabes Polri mengeluarkan bahwa racun yang menyebabkan Munir tewas adalah racun arsenik dengan jumlah dosis yang fatal.

"Kasus Munir (zat arsenik sudah bisa membunuh dengan) 200 cc, sementara di dalam (tubuhnya) ada 1200 cc sampai overdosis," kata Anton di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta,  Selasa, (12/1).

Begipun kasus Mirna, Anton menjelaskan, jika hasil lab atas autopsi jenazah Mirna masih dalam tahap menuju final. Dia mengaitkan, jika autopsi Munir di Institut Forensik Belanda (NFI) memerlukan waktu lama untuk menyimpukan jenis racun apa yang menyebabkannya tewas.

"Di Belanda saja saat itu, memerlukan waktu tiga bulan, untuk mengetahui secara detil (autopsi Munir)," terangnya.

Namun Anton memastikan, dalam organ tubuh Mirna juga terdapat zat mematikan yang membuatnya tewas. Nah, nanti, hasil lab forensik akan mengeluarkan berapa banyak kadar zat misterius itu.

"Yang jelas di dalam hasil autopsi itu, memang ada kemasukan zat asing. Hanya kadarnya berapa belum bisa umumkan, kadar yang melebih batas yang bisa menyebabkan kematian itu berapa," jelasnya.

Dia meminta agar semua pihak untuk menunggu hasil final autopsi Mirna yang dilakukan tim forensik Mabes Polri. Hasil ini, ditegaskan Anton, bisa menyimpulkan, Mirna tewas karena pembunuhan berencana atau sakit.

JAKARTA - Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Anton Charliyan menjelaskan bahwa ada kesamaan antara kematian Wayan Mirna Salihin, 27, usai ngopi di

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News