JPNN.com

Selain Jalan Kaki, 5 Olahraga ini Bisa Bikin Panjang Umur

Rabu, 27 Mei 2020 – 04:50 WIB Selain Jalan Kaki, 5 Olahraga ini Bisa Bikin Panjang Umur - JPNN.com

jpnn.com - Salah satu olahraga yang murah, sederhana, dan praktis adalah jalan kaki. Anda bisa melakukannya tanpa harus bergantung pada peralatan apa pun, kecuali sepatu yang tepat. 

Walau sekilas terlihat ringan, olahraga jalan kaki nyatanya baik untuk kesehatan jantung hingga tulang. Bahkan, jalan kaki bisa memperpanjang umur Anda!

Olahraga Jalan Kaki Bisa Bikin Panjang Umur

Olahraga jalan kaki ternyata cukup ampuh untuk membuat Anda lebih panjang umur. Hal ini pun terbukti oleh beberapa hasil penelitian. 

Periset dari American Cancer Society menemukan bahwa olahraga jalan kaki terkait dengan penurunan risiko penyakit kronis, terutama pada orang tua.

Mereka mendapatkan bahwa rutin berjalan kaki bisa mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, bahkan kanker payudara hingga kanker usus besar. Selain itu, berjalan kaki disebut dapat memperbaiki masalah insulin, kolesterol, hingga menyeimbangkan tingkat tekanan darah.

Studi yang diterbitkan dalam American Journal of Preventive Medicine pada 2017 juga menemukan hubungan yang kuat antara berjalan kaki dengan penurunan risiko kematian akibat penyakit pernapasan.

Artinya, semakin sering Anda berjalan, maka akan semakin banyak manfaatnya. Peneliti pun menyebutkan bahwa orang yang berjalan kaki, sekalipun tidak terlalu banyak, masih lebih baik dan memiliki manfaat penurunan risiko penyakit dibanding yang tidak melakukan olahraga ini.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
yessy