Selain Permen, Lima Makanan Ini juga Merusak Gigi

Selain Permen, Lima Makanan Ini juga Merusak Gigi
Jeruk. Foto IST

jpnn.com - Sisa makanan yang terselip di sela-sela gigi bisa menyebabkan gigi rusak seperti berlubang hingga keropos. Terlebih jika terlalu banyak makan yang manis-manis.

Tapi tahukah Anda kalau gigi rusak tak hanya disebabkan karena banyak makan manis seperti permen? Dilansir dari Culinaryzen, setidaknya ada lima makanan lain yang bisa menyebabkan gigi rusak.

1. Roti

Roti putih memiliki kandungan gula yang sangat tinggi sementara seratnya sangat rendah. Ketika Anda mengunyah roti, kandungan gula pada roti akan keluar. Terlebih jika roti terselip diantara gigi Anda. Ketidaksadaran inilah yang membuat gigi Anda dapat rusak. Jika Anda sangat menyukai roti, sebaiknya Anda dapat memilih roti gandum atau jika tidak berkumurlah setelah memakan roti.

2. Alkohol

Alkohol menjadi minuman yang dapat merusak gigi. Minuman Alkohol bisa membuat mulut Anda kering. Sebaiknya setelah minum Alkohol, minumlah air putih yang banyak agar mulut Anda tetap terhidrasi.

3. Minuman Berkarbonasi

Sudah rahasia umum bahwa minuman berkarbonasi memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. Sebuah studi dari pemerintah, baru-baru ini mengatakan bahwa minuman berkarbonasi sangat merusak gigi yang setara dengan kokain.

Sisa makanan yang terselip di sela-sela gigi bisa menyebabkan gigi rusak seperti berlubang hingga keropos. Terlebih jika terlalu banyak makan yang manis-manis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News