Selain untuk Rambut, Kemiri juga Berkhasiat Atasi Berbagai Penyakit

Selain untuk Rambut, Kemiri juga Berkhasiat Atasi Berbagai Penyakit
Kemiri. Foto: bintangpanganindonesia.com

jpnn.com - Selain untuk menyedapkan masakan, kemiri ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Sejak dulu, masyarakat percaya bahwa kemiri bisa dibuat minyak untuk membuat rambut lebih hitam dan berkilau.

Kemiri juga dikenal dengan Aleurites Moluccanus yang merupakan pohon berbunga dalam genus Aleurites milik keluarga Euphorbiaceae. Kemiri tumbuh sebagian besar di daerah tropis dan subtropis di dunia seperti Malaysia, Indonesia, serta beberapa bagian Australia.

Dilansir dari Health Benefits Times, Sabtu (9/3), tak hanya untuk rambut, tetapi kemiri juga dipercaya ampuh melawan berbagai penyakit. Berikut manfaat kemiri untuk mencegah dan mengobati ragam penyakit.

Baca juga: Miliki Kulit dan Rambut Sehat dengan Minyak Kemiri

Tingkatkan Sistem Pencernaan

Kemiri adalah sumber serat yang sangat baik, dan itulah sebabnya menambahkan kemiri ke dalam makanan bisa sangat bermanfaat bagi saluran pencernaan. Penggunaan kemiri secara teratur ini dapat memfasilitasi proses pencernaan. Mengonsumsinya secara teratur juga membantu buang air besar secara teratur karena minyak yang dikandungnya berfungsi sebagai pencahar.

Lawan Infeksi Jamur

Infeksi jamur mungkin tidak berbahaya, tetapi itu membuat seseorang tak nyaman dan tidak percaya diri. Untuk meredakannya, cukup mengoleskan minyak kemiri ke bagian tubuh yang terinfeksi jamur. Lakukan secara teratur untuk mendapat hasil optimal.

Selain untuk menyedapkan masakan, kemiri ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News