Selama PON, Swasta Diminta Pakai Genset

Selama PON, Swasta Diminta Pakai Genset
Selama PON, Swasta Diminta Pakai Genset
SAMARINDA - Seluruh pimpinan perusahaan besar di Kaltim dikumpulkan di Kantor Gubernur Kaltim untuk diminta mendukung suplai listrik selama PON XVII. Caranya, mereka diminta mengadakan daya sendiri.

Plt Gubernur Kaltim Syaiful Teteng menyebutkan, rapat itu dihadiri General Manager PLN Kaltim Ahmad Siang, serta seluruh pimpinan dan perwakilan seluruh perusahaan besar yang beroperasi di Samarinda.

“Dalam rapat itu, kami meminta selama PON perusahaan memanfaatkan generator sendiri, dan lepas dari sistem kelistrikan PLN,” kata Syaiful Teteng yang juga Ketua Harian PB PON Kaltim. 

Disebutkan, selama PON, PLN janji tidak akan melakukan pemadaman bergilir. “Tapi dengan catatan pengusaha yang menggunakan listrik besar harus pakai generator sendiri. Tidak lama, maksimal hanya 2 minggu. Selama itu pula diharapkan menggunakan mesin pembangkit sendiri,” ujarnya. Dalam rapat itu, kata dia, Pertamina siap memasok kebutuhan bahan bakar, dengan catatan tetap sesuai ketentuan, yakni dengan harga industri.

“Rapat sempat alot, tapi kemudian semua perusahaan bisa memaklumi,” ujarnya.

Dengan lepasnya perusahaan dari sistem kelistrikan PLN selama PON, maka menurut Teteng, energi yang bisa dihemat sebesar 15 megawatt.

Dikatakan, daya itu cukup mampu atasi kelangkaan listrik. Tapi memang tidak bisa bertahan seterusnya. Paling lambat, akhir Desember tidak ada lagi byar-pet. Sebab PLN akan mendapat pasokan tambahan daya  40 megawatt yang siap dioperasikan PLN.

“Saya bersyukur PLN dalam hal ini sangat mendukung kegiatan PON, sehingga benar-benar mendukung pasokan listrik selama even berlangsung,” tegasnya.(eff)

SAMARINDA - Seluruh pimpinan perusahaan besar di Kaltim dikumpulkan di Kantor Gubernur Kaltim untuk diminta mendukung suplai listrik selama PON XVII.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News